Representasi ikhlas pada film pendek Sedekah di media Instagram Islamidotco

Romadlon, Nauva Al Aziz Urfannanda (2022) Representasi ikhlas pada film pendek Sedekah di media Instagram Islamidotco. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1601026146_Nauval_Al_Aziz_Urfannada_Ramadlon] Text (Skripsi_1601026146_Nauval_Al_Aziz_Urfannada_Ramadlon)
Skripsi_1601026146_Nauval_Al_ Aziz_Urfannada_Ramadlon.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Film pendek menjadi populer mengikuti dengan kemajuan teknologi digital yang bermunculan. Banyak kelompok-kelompok yang membuat film-film berdurasi pendek untuk tujuan tertentu, salah satunya adalah berdakwah. Beberapa media dakwah menggunakan film pendek tersebut untuk menyampaikan dan mengajarkan pesan dakwah, salah satunya film pendek “Sedekah” yang diproduksi oleh media Islamidotco. Bercerita tentang jamaah di suatu mushola sedang duduk mendengarkan laporan dana sumbangan.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode analisis semiotika Charles Sanders Peirce dengan tujuan untuk mencari makna ikhlas yang dimunculkan. Terdapat empat tahapan analisis yang digunakan yaitu, mengidentifikasi tanda-tanda representasi ikhlas dalam film pendek tersebut, menginterpretasikan satu persatu jenis tanda yang telah diidentifikasi dalam film pendek, memaknai tanda mengenai representasi ikhlas di dalam film pendek tersebut, selanjutnya mengambil kesimpulan dari hasil interpretasi terhadap tanda yang ada dalam film pendek “Sedekah”.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa film pendek “Sedekah”, yaitu pertama jujur dalam mengemban amanah merupakan salah satu tanda ikhlas yang muncul pada film pendek “Sedekah” yang dimunculkan pada scene 1 yaitu ketika seorang pengurus mushola yang berdiri di depan para jamaah mushola untuk melaporkan pemasukan dana sumbangan, kedua tidak mengharap pujian dari orang lain merupakan tanda ikhlas yang dimunculkan pada film pendek tersebut yang terdapat pada scene 4 yakni ketika Pak Manto salah seorang penyumbang yang dibacakan namanya dengan nominal yang kecil sehingga mendapat pandangan sinis dari beberapa jamaah yang hadir tetapi tetap tenang karena beribadah tidak mengharap pujian dari orang lain karena ibadah diniatkan semata-mata karena Allah , ketiga bersedekah dengan cara yang baik merupakan makna ikhlas yang muncul pada scene 6 yakni ketika dua orang wanita yang hendak menyerahkan uangnya untuk disumbangkan mereka bersikap sopan kepada pengurus mushola.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Representasi; Ikhlas; Film pendek; Instagram; Islamidotco
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi > 302.24 Content
700 The arts > 790 Recreational and performing arts > 791 Public performances
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Muhamad irfan habibi
Date Deposited: 08 Aug 2023 03:58
Last Modified: 08 Aug 2023 03:58
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20374

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics