Penerapan model problem based learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti di SD Muhammadiyah Unggulan Gubug

Nafisa, Elly Zakiyatin (2022) Penerapan model problem based learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti di SD Muhammadiyah Unggulan Gubug. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1903016137_Elly Zakiyatin Nafisa_Lengkap] Text (Skripsi_1903016137_Elly Zakiyatin Nafisa_Lengkap)
1903016137_Elly_Full_Skripsiii - Elly Zakiyatin Nafisa.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Model pembelajaran problem based learning merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran.

Adapun jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dan uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber.

Hasil dari penelitian ini adalah 1) penerapan model problem based learning cukup baik digunakan di kelas Metode Problem Based Learning (PBL) telah diterapkan secara baik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada kelas III SD Muhammadiyah Unggulan Gubug dan sesuai dengan teori, diantara tahap-tahap penerapan Problem Based Learning adalah: orientasi siswa pada masalah, mengorgani sasikan siswa untuk belajar, membimbing penyelidikan individual maupun kelompok, mengembangkan dan menyajikan hasil karya, menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahanmasalah.

2) Faktor pendukung dalam PBL adalah kurikulum yang digunakan, sarana dan prasarana termasuk multimedia, kreativitas guru, dan kondisi lingkungan. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kesulitan memunculkanide siswa, ketersediaan waktu yang kurang, dan perbedaan pemahaman siswa. Adapun solusinya adalah memberikan arahan kepada siswa dengan memberikan petunjuk atau klu pada jawaban, penggunaan waktu secara efektif dan efisien, dan pemberian evaluasi dan mengulang-ulang materi..

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Problem based learning; Pendidikan Agama Islam; Budi pekerti
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 07 Aug 2023 06:20
Last Modified: 07 Aug 2023 06:20
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20388

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics