Hubungan hasil belajar mata pelajaran pendidikan Agama Islam dan budi pekerti terhadap sikap moderasi beragama di SMP Islam Al Azhar 29 BSB Semarang
Mayasari, Yulia (2022) Hubungan hasil belajar mata pelajaran pendidikan Agama Islam dan budi pekerti terhadap sikap moderasi beragama di SMP Islam Al Azhar 29 BSB Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
1903016186_Yulia Mayasari_Skripsi Lengkap - Yulia Mayasari.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (3MB)
Abstract
Indonesia merupakan negara yang kaya agama. Namun, memungkinkan timbulnya konflik yang menunjukkan rendahnya nilai-nilai moderasi beragama di kalangan masyarakat. Sementara, senjata untuk menumbuhkan salah satunya melalui Pendidikan Agama Islam, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) hasil belajar PAI dan BP, 2) sikap moderasi beragama, dan 3) mengetahui hubungan hasil belajar PAI dan BP terhadap sikap moderasi beragama di SMP Islam Al Azhar 29 BSB Semarang.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional dengan melibatkan 70 murid di SMP tersebut sebagai sampel, yang data-datanya dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, serta angket. Lalu, data-data tersebut diolah menggunakan bantuan program microsoft excel 2019 dan SPSS 26.
Hasil analisis menunjukkan bahwa hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti serta sikap moderasi beragama di SMP Islam Al Azhar 29 BSB Semarang berada dalam kategori “cukup” dengan nilai rata-rata 89,30 dan 36,94. Sementara, hasil analisis korelasi keduanya menunjukkan hubungan yang “sangat kuat” dengan nilai signifikansi sebesar 0,950. Oleh karena itu, hipotesis penelitian diterima dan disimpulkan bahwa semakin kuat pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Islam Al Azhar 29 BSB Semarang, maka semakin tinggi pula sikap moderasi beragamanya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran; Pendidikan Agama Islam; Sikap; Moderasi beragama |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 07 Aug 2023 06:36 |
Last Modified: | 07 Aug 2023 06:36 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20390 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year