Strategi dakwah Gus Yusuf Channel di masa pandemi covid 19 periode Juni-Agustus 2021

Abdul Hakim, Muhammad Luqman (2023) Strategi dakwah Gus Yusuf Channel di masa pandemi covid 19 periode Juni-Agustus 2021. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1601026099_Muhammad_Abdul_Hakim] Text (Skripsi_1601026099_Muhammad_Abdul_Hakim)
SKRIPSI_1601026099_MUHAMMAD_LUQMAN_ABDUL_HAKIM.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah membuka segmen baru dalam berdakwah. Menghadapi kondisi demikian, para da’i dituntut melek digital dan kreatif. Di saat dunia sedang dilanda pandemi Covid-19, pola kehidupan manusia mengalami perubahan, termasuk dalam hal kebutuhan terhadap teknologi yang semakin meningkat yang berimbas pada kegiatan dakwah. Pada masa ini menunjukkan pentingnya media baru dalam berdakwah. Khususnya Youtube dapat digunakan untuk hal positif adalah dengan menjadikan media sosial Youtube sebagai media Dakwah.
Adapun metode dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis, deskriptif merupakan suatu metode dalam meneliti status sekelompok manusia, suatu objek, suatu set kondisi, suatu sistem pemikiran ataupun suatu kelas peristiwa pada masa sekarang. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini yakni menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil dalam penelitian ini sebagai berikut: strategi yang merupakan sebuah rencana rancangan tindakan dalam kegiatan dakwah termasuk penggunaan metode dan pemanfaatan berbagai sumber daya atau kekuatan sehingga sebagai pendakwah Gus Yusuf melakukan pemahaman dengan melakukan survey terhadap lingkungan, menentukan keadaan lingkungan saat ini, juga menentukan tujuan dalam menyampaikan dakwahnya. Pemanfaatan media sosial youtube sebagai salah satu Strategi dakwah melalui media sosial yang dilakukan oleh Gus Yusuf dalam Gus Yusuf Channel berupa video ceramah singkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pandemi covid-19; Strategi dakwah; YouTube; Gus Yusuf Channel
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Muhamad irfan habibi
Date Deposited: 08 Aug 2023 04:30
Last Modified: 08 Aug 2023 04:30
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20391

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics