Pemberdayaan masyarakat melalui produksi Kopi Bagor Mas oleh BUMDes Bangkit Mandiri Desa Kalibogor Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal

Fuad, Sifaul (2022) Pemberdayaan masyarakat melalui produksi Kopi Bagor Mas oleh BUMDes Bangkit Mandiri Desa Kalibogor Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1801046052_SIFAUL FUAD] Text (SKRIPSI_1801046052_SIFAUL FUAD)
Skripsi (2) - fuad sifaul.pdf - Accepted Version

Download (812kB)

Abstract

Pemberdayaan masyarakat merupakan suatu upaya masyarakat untuk dapat melakukan pemanfaatan lingkungan sekitar baik sumber dayanya maupun potensi didaerahnya. Tujuan dari pemberdayaan ini untuk meningkatkan kemampuan masyarakat dan dapat menguasai kehidupan sosial ekonomi untuk yang lebih baik. Guna meningkatkan kemampuan dalam proses pembedayaan masyarakat, BUMDes Bangkit Mandiri mengadakan sosialisasi, pengembangan dan pelatihan proses pemanenan kopi sampai dengan pasca panen kopi. Pemberdayaan dilakukan untuk mengembangkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pengetahuan, keterampilan, kesadaran serta memanfaatkan sumber daya untuk belajar dan mendapatkan pelatihan atau pembinaan dari BUMDes Bangkit Mandiri yang harapannya akan mampu menggerakkan kegiatan-kegiatan yang dapat menunjang perekonomian. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana program pemberdayaan masyarakat Desa Kalibogor, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Kendal melalui usaha Kopi Bagor Mas oleh BUMDes dan untuk mengetahui proses pelaksanaan BUMDes di Desa Kalibogor, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Kendal.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif penelitian kualitatif merupakan prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati Jenis penelitian ini digunakan untuk mengetahui proses dan hasil dari pemberdayaan masyarakat berbasis potensi lokal di Badan Usaha Milik Desa Bangkit Mandiri Desa Kalibogor Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal.
Hasil dari penelitian ini menunjukan dua hal sebagai berikut: pertama, proses yakni Pemberdayaan Masyarakat Melalui Produksi Kopi Bagor Mas Oleh BUMDes Bangkit Mandiri Desa Kalibogor Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal: (1) Tahap Awal Sosialisasi (2) Tahap Penguatan Daya (Menemukan Usaha yang Tepat) (3) Tahap Pengembangan (Pelatihan) (4) Tahap pendayaan (Pengembangan Usaha). Hasil dari segi ekonomi Pemberdayaan Masyarakat Melalui Produksi Kopi Bagor Mas Oleh BUMDes Bangkit Mandiri Desa Kalibogor Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal berupa (1) penambahan penghasilan (2) peningkatan akses pasar. Dari segi sosial budaya dan pendidikan semakin berkembang baik sumberdaya alam maupun sumberdaya manusianya

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan masyarakat; Badan Usaha Milik Desa; Produksi Kopi
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Ika Purwanti
Date Deposited: 08 Aug 2023 07:41
Last Modified: 08 Aug 2023 07:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20415

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics