Penggunaan media sosial Instagram dalam pemenuhan informasi siswa di SMPN 19 Semarang sebagai sekolah peneliti dan digital : studi akun instagram @Smp19_smg

Cantik, Intanjani Putriku (2022) Penggunaan media sosial Instagram dalam pemenuhan informasi siswa di SMPN 19 Semarang sebagai sekolah peneliti dan digital : studi akun instagram @Smp19_smg. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1806026069_Intanjani_Putriku_Cantik] Text (Skripsi_1806026069_Intanjani_Putriku_Cantik)
Skripsi_1806026069_Intanjani_Putriku_Cantik.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Akun @smp19_smg dibuat oleh SMP N 19 Semarang dan dikelola anggota osis serta guru kesiswaan. Akun @smp19_smg diciptakan sebagai salah satu proses pembentukan personal branding atas branded peneliti dan digital yang dimiliki SMP N 19 Semarang. Tindakan SMP N 19 Semarang dalam memilih media sosial instagram sebagai sarana pemenuhan informasi dikalangan siswa membawa banyak dampak positif bagi proses perkembangan siswa dalam era digital 4.0. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti bertujuan untuk mengetahui bagaimana SMP N 19 Semarang melalui akun instagramnya @smp19_smg membagikan unggahan informasi kepada siswa dengan tetap menampilkan branded peneliti dan digital dan dampak apa saja yang terjadi pada siswa dengan adanya hadirnya akun instagram sekolah @smp19_smg ini.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara terstruktur dan mendalam serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data lapangan model Miles dan Huberman (1984) dengan teknik analisis induktif dimana peneliti melakukan analisis berdasarkan fakta di lapangan kemudian dihubungkan dengan teori yang sesuai dan ditarik kesimpulan dari khusus ke umum. Secara substantive analisis dalam penelitian ini menggunakan teori kontruksi sosial Berger dan Luckman.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, peneliti menemukan bahwa akun instagram @smp19_smg selalu menyajikan unggahan informasi mengenai kegiatan sekolah dan segala informasi yang bermanfaat bagi para siswa SMP N 19 Semarang menggunakan 5 strategi informasi dalam unggahan (personal branding, peningkatan kreatifitas, pengelolaan waktu, pengingat, dan konten) serta dilengkapi dengan penggunaan fitur visual yang menarik dan mudah diterima oleh para siswa. Dalam menyajikan unggahan informasi akun @smp19_smg menggunakan bahasa formal yang tidak memiliki unsur negatif pada penggunaan bahasa dan kalimat. Sebagai ruang maya yang dirasa aman serta nyaman bagi para siswa akun @smp19_smg juga membiasakan para siswanya untuk beradaptasi dengan perkembangan di era digital 4.0.

ABSTRACT:
The account @smp19_smg created by SMP N 19 Semarang and managed by student council members and student teachers. The @smp19_smg account was created as one of the processes for forming personal branding for researchers and digital branded by SMP N 19 Semarang. The actions of SMP N 19 Semarang in choosing Instagram social media as a means of fulfilling information among students have had many positive impacts on the student development process in the digital era 4.0. Based on this problem, the researcher aims to find out how SMP N 19 Semarang through its Instagram account @smp19_smg share information uploads with students while still displaying the researcher's branded and digital and what impact it has on students with the presence of this @smp19_smg school Instagram account.
This research is a qualitative research with a descriptive approach. Data collection techniques using observation, structured and in-depth interviews and documentation. The data analysis technique used is the field data analysis technique of the Miles and Huberman (1984) model with inductive analysis techniques where the researcher conducts an analysis based on facts in the field then connected with the appropriate theory and draws conclusions from the specific to the general. Substantively the analysis in this study uses Berger and Luckman's theory of social construction.
Based on research that has been carried out, researchers found that @smp19_smg Instagram account always presents information uploads about school activities and all information that is useful for students of SMP N 19 Semarang using 5 information strategies in uploads (personal branding, increasing creativity, time management, reminders, and content) and is equipped with the use of visual features that are attractive and easily accepted by students. In presenting the upload of account information, @smp19_smg use formal language that does not have negative elements in the use of language and sentences. As a virtual space that feels safe and comfortable for students, @smp19_smg also familiarize students with adapting to developments in the digital era 4.0.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media sosial; Instagram; Kebutuhan Informasi; Siswa; Sekolah Peneliti Digital
Subjects: 000 Computer science, information, general works > 020 Library and information sciences > 028 Reading, use of other information media
300 Social sciences > 302 Social interaction
300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Komunikasi > 302.24 Content
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > 69201 - Sosiologi
Depositing User: Gigih Eko Saputro
Date Deposited: 08 Aug 2023 09:43
Last Modified: 08 Aug 2023 09:43
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20418

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics