Variasi genetik kultivar jambu Semarang (syzygium samarangense (blume) merr. & l.m. perry) dari Kabupaten Demak menggunakan Second Internal Transcribed Spacer (ITS-2)

Chika, Syifara (2023) Variasi genetik kultivar jambu Semarang (syzygium samarangense (blume) merr. & l.m. perry) dari Kabupaten Demak menggunakan Second Internal Transcribed Spacer (ITS-2). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_SYIFARA CHIKA_1908016030] Text (SKRIPSI_SYIFARA CHIKA_1908016030)
1908016030_Syifara Chika_Lengkap Tugas Akhir - Syifara Chika UIN Walisongo Semarang.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Tanaman jambu semarang (Syzygium samarangense (Blume) Merr. & L.M. Perry) merupakan tanaman buah tropis dari suku Myrtaceae yang dikelompokkan dalam buah non klimaterik. Salah satu daerah yang menjadi sentra jambu semarang adalah Kabupaten Demak. Belum ada yang melakukan analisis variasi genetik kultivar jambu semarang di Kabupaten Demak menggunakan DNA Barcoding Second Internal Transcribed Spacer (ITS-2). Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi variasi genetik kultivar tanaman jambu semarang dari Kabupaten Demak pada wilayah DNA Barcode ITS-2, menentukan hasil amplikon ITS-2 dapat digunakan dalam analisis variasi genetik kultivar tanaman jambu semarang dari Kabupaten Demak, dan menganalisis hubungan kekerabatan pohon filogenetik kultivar jambu semarang dari Kabupaten Demak. Langkah-langkah pada penelitian ini terdiri dari pengambilan sampel daun, isolasi DNA, amplifikasi DNA, elektroforesis, sekuensing, analisis data sekuensing, dan rekonstruksi pohon filogenetik. Hasil menunjukkan bahwa terdapat variasi intraspesies yang rendah antar keempat sampel kultivar S. samarangense pada daerah ITS-2 dan terdapat variasi nukleotida yang tinggi antara spesies S. samarangense dengan spesies Syzygium lainnya pada daerah ITS-2. Pohon filogenetik menggambarkan bahwa sekuen sampel S. samarangense memisah sesuai perbedaan kultivar. Sampel S. samarangense kultivar Citra Botorejo berkerabat dekat dengan kultivar Citra Wonosari dan kultivar Citra Tempuran. S. samarangense kultivar Delima berada memisah pada cabang berbeda.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: DNA barcoding, ITS-2, Syzygium samarangense, Variasi genetik
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 46201 - Biologi
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 08 Aug 2023 06:00
Last Modified: 08 Aug 2023 06:00
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20438

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics