Modal psikologis (Psychological Capital) pada wirausaha di sentra pengrajin ceriping singkong presto di Desa Trisobo, Kecamatan Boja, Kabupaten Kendal

Malida, Olifiani Nurul (2022) Modal psikologis (Psychological Capital) pada wirausaha di sentra pengrajin ceriping singkong presto di Desa Trisobo, Kecamatan Boja, Kabupaten Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1807016010_Olifiani Nurul Malida] Text (SKRIPSI_1807016010_Olifiani Nurul Malida)
1807016010_Olifiani Nurul Malida_Full Skripsi - Olifiani Nurul Malida.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Wirausaha seringkali dihadapkan pada permasalahan dalam menjalankan usahanya. Hal tersebut juga sering menjadi pertimbanga untuk seseorang memutuskan memulai usahanya. Para wirausaha di di Sentra Pengrajin Ceriping Singkong Presto Di Desa Trisobo, Kecamatan Boja, Kabupaten Kendal ini tidak terhimpun dalam satu wadah organisasi, sehingga dalam menjalankan usahanya ini wirausaha akan menghadapi permasalahan dan persaingan dengan kemampuannya sendiri. Modal psikologi yang optimal menjadi peran penting untuk membuat keputusan dan menyelesaikan permasalaannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan modal psikologis yang dimiliki wirausaha di Sentra Pengrajin Ceriping Singkong Presto Di Desa Trisobo, Kecamatan Boja, Kabupaten Kendal. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan menggunakan versi penelitian fenomenologis deskriptif (PFD). Metode pengambilan data pada penelitian ini dilakukan dengan wawancara partisipan yang dipilih menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria wirausaha ceriping sngkong di Desa Trisobo, Kecamatan Boja, Kabupaten Kendal dan berusia 30-50 tahun. Hasil penelitian ini menunjukkan modal psikologis yang dimiliki wirausaha ceriping singkong yaitu wirausaha memiliki keyakinan pada keputusannya akan berhasil, memiliki ketetapan hati untuk bersikap optimis, adanya optimisme yang konsisten dalam segala hal, memiliki pengendalian atas dirinya di masa depan, memiliki tujuan untuk usahanya, merencanakan strategi mencapai tujuannya, memiliki motivasi untuk merealisaikan strateginya, memiliki kemampuan resiliensi berupa regulasi emosi, pengendalian impuls, optimis, empati, analisis kausal, dan keberhasilan yang dicapai, wirausaha juga mendapatkan dukungan dan bantuan dari orang lain, menjadikan diri sendiri sebagai kekuatannya, dan memiliki komunikasi yang baik dan kemampuan memecahkan masalah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Wirausaha; Modal psikologi; Komunikasi; Kemampuan memecahkan masalah.
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > 73201 - Psikologi
Depositing User: Ika Purwanti
Date Deposited: 08 Aug 2023 07:38
Last Modified: 08 Aug 2023 07:38
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20439

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics