Pengaruh dukungan teman sebaya dan kemandirian terhadap penyesuaian diri pada santri baru di Pondok Pesantren Al-Inaaroh Batang

Nihlatika, Ilfa (2023) Pengaruh dukungan teman sebaya dan kemandirian terhadap penyesuaian diri pada santri baru di Pondok Pesantren Al-Inaaroh Batang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1807016020_Ilfa Nihlatika] Text (SKRIPSI_1807016020_Ilfa Nihlatika)
1807016020_Ilfa Nihlatika_Lengkap Tugas Akhir - Ilfa Nihlatika.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penyesuaian diri merupakan proses yang terjadi terus-menerus dan kemampuan individual yang melibatkan respon mental serta perilaku dalam upaya untuk menemukan keharmonisan dalam diri dan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh dukungan teman sebaya dan kemandirian terhadap penyesuaian diri pada santri baru di pondok pesantren. Sampel dalam penelitian ini adalah 107 santri baru Pondok Pesantren Al-Inaaroh Batang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah tiga skala yaitu skala dukungan teman sebaya, skala kemandirian, dan skala penyesuaian diri. Metode analisis data menggunakan uji asumsi klasik dan uji hipotesis yang berupa uji regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan dukungan teman sebaya berpengaruh signifikan terhadap penyesuaian diri pada santri baru di pondok pesantren dengan nilai signifikansi 0,000 (P<0,05). Kemandirian berpengaruh signifikan terhadap penyesuaian diri pada santri baru di pondok pesantren dengan nilai signifikansi 0,000 (P<0,05). Sedangkan dukungan teman sebaya dan kemandirian secara simultan berpengaruh signifikan terhadap penyesuaian diri pada santri baru di pondok pesantren dengan nilai signifikansi 0,000 (P<0,05) dengan kontribusi sebesar 46,9%. Kesimpulan dari penelitian ini adanya pengaruh signifikan dukungan teman sebaya dan kemandirian terhadap penyesuaian diri pada santri baru di Pondok Pesantren Al-Inaaroh Batang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dukungan teman sebaya; Kemandirian; Penyesuaian Diri
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > 73201 - Psikologi
Depositing User: Ika Purwanti
Date Deposited: 08 Aug 2023 06:54
Last Modified: 08 Aug 2023 06:54
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20440

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics