Pengembangan animal website sebagai media pembelajaran materi animalia berbasis potensi lokal untuk siswa kelas X MAN 1 Bangka Barat

Juniarti, Astri (2022) Pengembangan animal website sebagai media pembelajaran materi animalia berbasis potensi lokal untuk siswa kelas X MAN 1 Bangka Barat. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1708086007_ASTRI_JUNIARTI] Text (SKRIPSI_1708086007_ASTRI_JUNIARTI)
1708086007_Astri Juniarti_Lengkap Tugas Akhir - ASTRI JUNIARTI UIN Walisongo.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Pembelajaran kontekstual adalah pembelajaran yang mengaitkan materi dengan lingkungan nyata peserta didik, sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna. Berdasarkan hasil pra-riset di MAN 1 Bangka Barat, materi animalia belum terintegrasi dengan potensi lokal, sehingga peserta didik masih mengalami kesulitan dalam mempelajari materi tersebut. Selain itu, masih kurangnya pemanfaatan media pembelajaran. Animal Website merupakan website yang dikembangkan dari Google Sites berisi materi animalia yang terintegrasi dengan potensi lokal Pulau Bangka yang dapat digunakan peserta didik untuk belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji produk pengembangan Animal Website sebagai media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, and Disseminate). Akan tetapi, produk yang dikembangkan hanya sampai pada tahap Develop. Teknik pengambilan data berdasarkan wawancara dan angket. Penelitian dilakukan di MAN 1 Bangka Barat dengan subjek penelitian 10 peserta didik kelas XI dan XII MIPA. Hasil validasi Animal Website diperoleh kelayakan dari ahli materi 87% (sangat layak), ahli media 85% (sangat layak), ahli metodologi pembelajaran 90% (sangat layak), dan praktisi lapangan (guru biologi MAN 1 Bangka Barat) 99% (sangat layak). Hasil uji kelayakan kepada 10 peserta didik mendapatkan persentase nilai rata-rata 85% (sangat layak), sehingga media pembelajaran Animal Website materi animalia berbasis potensi lokal Pulau Bangka memiliki kualitas sangat layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Animal Website; Google Sites; Pembelajaran Kontekstual; Teknologi Pembelajaran
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 08 Aug 2023 06:25
Last Modified: 08 Aug 2023 06:25
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20443

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics