Bimbingan agama Islam dalam menumbuhkan kepribadian mukminin di Majlis Taklim Surasa Cibunar Balapulang Tegal

Firdaos, Fikri Misbahul (2022) Bimbingan agama Islam dalam menumbuhkan kepribadian mukminin di Majlis Taklim Surasa Cibunar Balapulang Tegal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1701016152_Fikri_Misbahul_F] Text (Skripsi_1701016152_Fikri_Misbahul_F)
Skripsi_1701016152_Fikri_Misbahul_F.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Kepribadian mukmin adalah suatu perilaku atau akhlak yang mencerminkan rukun iman dalam kehidupan sehari-hari. Bimbingan agama Islam dilakukan dalam upaya untuk mengendalikan perilaku yang tidak sesuai dengan ketentuan dan aturan-aturan agama, serta memberikan pencerahan dalam kehidupan sehingga dapat mencapai kedamaian dan ketentraman dalam hidup berdasarkan Al-Quran dan Al-Sunnah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses bimbingan agama Islam yang dilaksanakan di MajlisTaklim Surasa dalam menumbuhkan kepribadian mukmin.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan penelitian studi kasus yang menitik beratkan pada studi lapangan secara faktual. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi partisipan, wawancara tidak terstruktur dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa proses bimbingan agama Islam yaitu sesi pertama pembacaan tawassul, sesi kedua pembacaan manaqib, dan sesi ketiga bimbingan agama. Bimbingan agama Islam dilaksanakan pada setiap malam jumat, malam minggu dan pada hari welasan (setiap tanggal sebelas di semua bulan) pukul 22.00-00.00 WIB dengan menggunakan metode komunikasi langsung yaitu meliputi metode individu dan metode kelompok. Metode individu dilakukan dengan teknik dialog pribadi antara pembimbing dan jamaah, sedangkan metode kelompok dilakukan pembimbing dengan para jamaah dengan cara ceramah dan diskusi. Jika bimbingan agama dilakukan secara rutin dapat menumbuhkan kepribadian seorang mukmin diantaranya Rabbani, Malaki dan Qurani Rosuli, Taqdiri dan Yawm Akhiri. Dalam suatu bimbingan metode penyampaian menjadi bagian yang sangat penting dikarenakan metode penyampaian terkait bagaimana seorang pembimbing menyampaikan materi kepada seseorang atau sekelompok orang yang dibimbing. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa kemampuan dalam mengingat dan mengamalkan materi bimbingan agama tentang ajaran-ajaran Islam yang berisikan aturan-aturan yang harus ditaati oleh seorang muslim yang secara garis besar ruang lingkupnya meliputi Aqidah, akhlak dan syariat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Bimbingan agama Islam; Kepribadian mukmin; Majelis taklim
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Muhamad irfan habibi
Date Deposited: 09 Aug 2023 07:32
Last Modified: 09 Aug 2023 07:32
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20444

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics