Hubungan konsep diri dengan minat menjadi pembimbing haji profesional

Islah, Muhammad (2022) Hubungan konsep diri dengan minat menjadi pembimbing haji profesional. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1801056038_Muhammad_Islah] Text (Skripsi_1801056038_Muhammad_Islah)
Skripsi_1801056038_Muhammad_Islah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Pada era sekarang, tenaga kerja yang profesional merupakan hal yang sangat dibutuhkan khususnya di bidang bimbingan haji dan umrah. Banyaknya pelanggaran atau kasus yang terjadi seperti penelantaran jamaah sebuah bukti belum profesionalnya tenaga kerja yang dimiliki oleh Indonesia. Selain itu, mengingat tujuan Prodi Manajemen Haji dan Umrah (MHU) salah satunya adalah mencetak pembimbing haji atau tenaga haji yang profesional, maka mahasiswa MHU harus benar-benar mengkonsep dirikan diri mereka dalam bidang ini. Individu yang mengenal dirinya akan jauh lebih mengerti apa dan bagaimana yang mereka harus lakukan setelah ini, oleh karena itu konsep diri sangatlah erat kaitannya dengan minat seseorang. Berangkat dari masalah tersebut, rumusan masalah penelitian ini adalah adakah hubungan konsep diri dengan minat menjadi pembimbing haji profesional?.
Tujuan penelitian ini adalah menguji secara empiris hubungan konsep diri dengan minat menjadi pembimbing haji Mahasiswa Manajemen Haji dan Umrah (MHU) UIN Walisongo. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala likert, yakni skala konsep diri dan skala minat menjadi pembimbing haji profesional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa aktif Manajemen Haji dan Umrah UIN Walisongo Semarang. Kriteria subjek yang dijadikan sampel penelitian adalah mahasiswa MHU aktif. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik probability sampling. Pengumpulan data juga dilakukan menggunakan kuesioner melalui google form untuk memperoleh data dari mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik regresi sederhana.
Hasil penelitian ini adalah: Terdapat hubungan yang kuat dan bernilai positif antara konsep diri dengan minat menjadi pembimbing haji profesional yang artinya semakin tinggi konsep diri yang dimiliki, maka semakin tinggi pula minatnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Konsep Diri; Minat; Pembimbing Haji Profesional
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 158 Applied psychology
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.35 Sacred places. Pilgrims
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 76201 - Manajemen Haji dan Umrah
Depositing User: Asri Aenun Nisa
Date Deposited: 09 Aug 2023 07:39
Last Modified: 09 Aug 2023 07:39
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20456

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics