Pengaruh kehadiran, tingkat pengetahuan ibu, dan kelengkapan imunisasi terhadap status gizi balita di Posyandu Lajuk, Porong, Sidoarjo

Anwar, Arini Suvi Layla Rifqiani (2022) Pengaruh kehadiran, tingkat pengetahuan ibu, dan kelengkapan imunisasi terhadap status gizi balita di Posyandu Lajuk, Porong, Sidoarjo. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1807026048_Arini suvi LRA_Full] Text (Skripsi_1807026048_Arini suvi LRA_Full)
1807026048_Arini Suvi LRA_Full_Skripsi - Arini Suvilra.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Masa balita merupakan masa kritis karena pertumbuhan sel-sel otak dengan frekuensi yang sangat cepat sehingga rentan terjadi permasalahan status gizi sehingga memerlukan suatu wadah khusus untuk mencegah permasalahan yakni posyandu. Faktor yang mempengaruhi status gizi balita ialah kehadiran dalam kegiatan posyandu, pengetahuan ibu serta kelengkapan imunisasi balita dan faktor lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kehadiran, pengetahuan ibu, serta kelengkapan imunisasi terhadap status gizi.
Penelitian menggunakan desain Cross Sectional di Posyandu Lajuk, Porong, Sidoarjo, Jawa Timur. Jumlah sampel yang didapatkan sebanyak 66 balita dan ibu balita. Data yang digunakan status gizi balita dengan indeks pengukuran BB/U, kehadiran dalam posyandu dan kelengkapan imunisasi menggunakan KMS, serta pengetahuan ibu tentang imunisasi melalui kuesioner. Uji hipotesis yang digunakan ialah Uji Spearman Rank dan Uji Logistik Ordinal.
Penelitian menunjukkan responden mayoritas balita memiliki kehadiran aktif (77,3%), pengetahuan ibu tentang imunisasi mayoritas ibu balita memiliki pengetahuan yang cukup (51,5%). kelengkapan imunisasi mayoritas balita memiliki kelengkapan imunisasi lengkap (80,3%), status gizi balita mayoritas balita memiliki berat badan normal (54,8%). Hasil Uji Spearman Rank terdapat pengaruh pengetahuan tentang imunisasi terhadap kelengkapan imunisasi (nilai p = 0,004), Uji Logistik Ordinal.terdapat pengaruh kehadiran dalam kegiatan posyandu terhadap status gizi (nilai p = 0,008) dan tidak terdapat pengaruh kelengkapan imunisasi terhadap status gizi ( nilai p = 0,171)

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Posyandu; Pengetahuan; Ibu; Imunisasi; Status gizi; Balita
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 613 Promotion of health
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > 13211 - Gizi
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 09 Aug 2023 07:46
Last Modified: 09 Aug 2023 07:46
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20465

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics