Pengaruh dzikir Ratib Al-Attas terhadap penurunan kecemasan menghadapi ujian di Pondok Pesantren Salafiyah Kauman Pemalang

Agustina, Vera (2022) Pengaruh dzikir Ratib Al-Attas terhadap penurunan kecemasan menghadapi ujian di Pondok Pesantren Salafiyah Kauman Pemalang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negri Walisongo Semarang.

[thumbnail of skripsi_1804046006_Vera Agustina] Text (skripsi_1804046006_Vera Agustina)
skripsi_1804046006_Vera Agustina.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Problematika yang sering muncul ketika santri akan mengikuti ujian madrasah, mereka sering mengalami perasaan cemas, khawatir, dan takut ketika mereka tidak dapat menjawab pertanyaan dengan benar. Hal ini menyebabkan mereka kehilangan fokus dan lupa huruf atau nadhom yang akan diujikan nanti dalam ujian. Apalagi jika mereka berencana setoran hafalan di hadapan ustadz atau ustadzah. Saat mengikuti ujian menghafal, mereka memiliki kecemasan. Mereka juga mengalami ketakutan ketika apa yang telah dihafal tiba-tiba buyar karena kurangnya konsentrasi. Perasaan tidak nyaman mungkin timbul dari hal ini.
Rumusan masalah ini membahas tentang : pengaruh dzikir ratib al-Attas terhadap penurunan kecemasan santri dalam menghadapi ujian madrasah di pondok pesantren salafiyah Kauman Pemalang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif eksperimen yang menggunakan desain intact-group comparison yang mana dalam penelitiannya sampel di bagi menjadi dua yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh dzikir terhadap penurunan kecemasan yang di rasakan oleh santri di tunjukkan dengan hasil uji hipotesis sebesar 0,000, Sedangkan nilai signifikansi 0,05. Apabila nilai yang di peroleh lebih kecil dari nilai signifikansi makan hipotesis di terima. 0,000 < 0,05 maka hipotesis di terima yang artinya ada pengaruh dzikir terhadap penurunan kecemasan pada santri.
Berdasarkan temuan penelitian ini, menunjukkan bahwa adanya pengaruh dzikir terhadap penurunan kecemasan yang di rasakan oleh santri di tunjukkan dengan hasil uji hipotesis 0,000 dan nilai signifikansi 0,05. Hipotesis diterima jika nilai yang diperoleh lebih kecil dari nilai signifikansinya. Hipotesis tersebut didukung dengan nilai 0,000 < 0,05 yang menunjukkan bahwa dzikir memang berdampak pada penurunan tingkat kecemasan santri.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dzikir; Ratib Al-Attas; Kecemasan; Menghadapi ujian
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.38 Rites, prayer
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Setyo prabowo
Date Deposited: 10 Aug 2023 10:19
Last Modified: 10 Aug 2023 10:19
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20499

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics