Pemenuhan hak-hak anak dalam keluarga pekerja tidak tetap prespektif maqashid syari'ah : studi kasus di Desa Kalibogor Kecamatan Kebumen

Fitria, Nani (2023) Pemenuhan hak-hak anak dalam keluarga pekerja tidak tetap prespektif maqashid syari'ah : studi kasus di Desa Kalibogor Kecamatan Kebumen. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1602016058_Nani_Fitria] Text (Skripsi_1602016058_Nani_Fitria)
Skripsi_1602016058_Nani_Fitria.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Desa Kalibagor, Kecamatan Kebumen Kabupaten Kebumen adalah salah satu desa kecil yang terletak di Kota Kebumen. Sulitnya perekonomian dan pengetahuan orang tua yang masih kurang membuat masyarakatnya untuk bekerja dan mengalihkan kewajibanya kepada orang lain. Bekerja sebagai sopir, kuli bangunan, karyawa dan berjualan merupakan pekerjaan seharian mereka. Akan tetapi dari sekian banyak orang yang di desa bekerj apenulis mengambil sampel 5 keluarga yang mengalihkan kewajiban orang tua kepada orang lain sedangkan mereka sibuk dengan bekerja saja maka dari itu untuk bahan penelitian skripsi ini penulismengambi contoh 5 anggota keluarga. Sementara dalam Al-Qur’an, Hadist, dan Undang-Undang di Indonesia di jelaskan mengenai kewajian orang tua terhadap anaknya. Maqashid syariah dalam menentukan hak-hak dan kewajiban diantaranya nafs (perlindungan terhadap nyawa), 'aql (perlindungan terhadap akal), dīn (perlindungan terhadap agama), nasl (perlindungan terhadap keturunan), dan māl (perlindungan terhadap hak milik).
Melihat dari realita di atas, terkait pengalihan pengasuhan anak dan kewajiban orang tua sudah diatur dalam Undang-Undang di Indonesia. Dalam Islam juga telah mengaturnya. Peneliti tertuju pada pokok masalah sebagai berikut: 1. Bagaimana praktik pemenuhan hak-hak anak dalam keluarga pekerja tidak tetap di Desa Kalibagor. 2. Bagaimana Analisis Maqoshid Syariah terhadap pemenuhan hak-hak anak dalam keluarga pekerja tidak tetap di Desa Kalibagor, Kecamatan Kebumen?.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yaitu langsung terjun ke tempat kejadian, yaitu di Desa Kalibagor, Kecamatan Kebumen, Kabupaten Kebumen. Data-data yang diperoleh berdasarkan data-data yang relevan dengan penelitian. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yaitu menyajikan dan menganalisis fakta secara sistematik sehingga lebih mudah dipahami dan disimpulkan. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder, dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dokumentasi, kepada pihak-pihak yang terkait dalam masalah pemeliharaan anak yang orang tuanya merantau. Yaitu kedua orang tua, anak, dan nenek kakek atau pengasuhnya.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan penulis maka disimpulkan bahwa 1. Praktik pemeliharaan anak dari orang tua yang bekerja yaitu anak-anak dititipkan, diasuh serta dirawat oleh nenek dan kekeknya atau pengasuh. 2. Analisis hukum tentang pemeliharaan anak yang pengasuhannya dialihkan kepada nenek, kakeknya dan pengasuh dalam Maqashid syariah tidak boleh, karena jika terjadi kemadharotan bagi anak yang menjadi anak bertumbuh kurang baik, menjadikan anak kurang sopan, rasa perduli kepada orang tua yang kurang, dan kurangnya rasa percaya diri terhadap dirinya. Hasil observasi yang dilakukan keluarga yang kurang pahamakan hak dan kewajiban orang tua selain mencari nafkah. Karena dari 5 keluarga yang menjadi semple kewajiban orang tua yang paling utama adalah kebutuhan materil/nafkah saja.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hak anak; Pekerja tidak tetap; Maqashid syariah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.57 Religious experience, life, practice > 297.577 Marriage and family life
300 Social sciences > 330 Economics > 331 Labor economics
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal al-Syakhsiyyah)
Depositing User: Asri Aenun Nisa
Date Deposited: 11 Aug 2023 10:13
Last Modified: 11 Aug 2023 10:13
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20505

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics