Perancangan dan perencanaan coworking space bagi mahasiswa di Pekalongan dengan pendekatan arsitektur berkelanjutan

Ilmi, Ulwiyatul (2023) Perancangan dan perencanaan coworking space bagi mahasiswa di Pekalongan dengan pendekatan arsitektur berkelanjutan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1804056014_Ulwiyatul Ilmi_Full] Text (Skripsi_1804056014_Ulwiyatul Ilmi_Full)
1804056014_Ulwiyatul Ilmi_Full Skripsi - ulwiyatul ilmi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Coworking Space atau ruang kerja bersama yang menggunakan sistem rental office. Yakni konsep ruang kerja baru yang mendorong kesempatan untuk berinteraksi sehingga tercipta kolaborasi antar pengguna dan memungkinkan pengguna untuk dapat menggunakan seluruh fasilitas yang ada. Kehidupan masyarakat yang semakin berkembang menyesuaikan gaya hidup, membutuhkan ruang masa depan yang lebih fungsional. Unsur fleksibel untuk menunjang aktivitas diperlukan agar terpenuhi seluruh kebutuhan pengguna. Dalam lingkungan Coworking Space terdapat beberapa fasilitas penunjang seperti ruang komunal, ruang terbuka hijau, dan play space.
Peran mahasiswa sebagai Agent of Change yang menjadi penerus ekonomi keratif yang ada pada daerah Pekalongan harus dipersiapkan agar dapat menyesuaikan dengan ketatnya persaingan pada dunia usaha. Coworking Space menjadi urgensi untuk menunjang peningkatkan kualitas (Sumber Daya Manusia)SDM. Pemilihan bentuk ruang Coworking Space lebih sesuai untuk keadaan zaman yang mudah berkembang dengan kemudahan akses teknologi. Pada Coworking Space yang diutamakan untuk mahasiswa yang berlokasi di Pekalongan mewujudkan kebutuhan masyarakat yang menjadikan gaya hidup perkotaan sebagai kiblat tetapi tetap megedepankan unsur kelokalan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Coworking space; Mahasiswa; Arsitektur berkelanjutan
Subjects: 700 The arts > 720 Architecture > 727 Buildings for education and research
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 23201 - Ilmu Seni dan Arsitektur Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 12 Aug 2023 01:35
Last Modified: 12 Aug 2023 06:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20547

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics