Tinjauan hukum positif dan fiqih jinayah mengenai trading cryptocurrency berbasis binary option

Anam, Zidan Raikhan (2022) Tinjauan hukum positif dan fiqih jinayah mengenai trading cryptocurrency berbasis binary option. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1802026036_Zidan_Raikhan_Anam] Text (SKRIPSI_1802026036_Zidan_Raikhan_Anam)
1802026036_Zidan Raikhan Anam_Lengkap Tugas Akhir - Salah oke.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul "Tinjauan Hukum Positif Dan Fiqih Jinayah Mengenai Trading Cryptocurrency Berbasis Binary Option". Penelitian dilatar belakangi oleh perkembangan teknologi yang pengaruhnya besar terhadap kemajuan ekonomi suatu negara serta mendorong perkembangan sektor bisnis yang lebih efisien dan efektif. Hal ini memudahkan masyarakat untuk mengakses produk-produk keuangan, memperoleh transaksi, dan meningkatkan literasi keuangan. Beberapa tahun kebelakang ini mulai tahun 2019 Binary Option mulai marak di Indonesia, namun seiring maraknya Binary Option terungkap ada penipuan dibalik trading ini. Seperti kasus yang beredar di internet korban Binary Option nyaris bunuh diri karena uangnya loss dan terjerat hutang seperti yang dialami Rizki pada tahun 2021
Metode penelitian ini merupakan jenis penelitian pustaka (library research) mengunakan bahan pustaka sebagai sumber data utama, artinya data tersebut dikumpulkan berasal dari kepustakaan, baik berupa karya ilmiah, media online, buku, dan lainnya. Yang masih berhubungan dengan objek permasalahan yang diteliti yaitu, mengenai pembahasan trading mata uang digital. Hal ini bertujuan memperoleh data yang akurat dan jelas. Dan bertujuan untuk mengetahui lebih jelas tentang praktik trading cryptocurrency berbasis binary option dan hukum trading cryptocurrency berbasis binary option dalam perspektif fiqih jinayah.
Berdasarkan hasil penelitian mengenai praktik Binary Option yang terjadi jauh dari apa yang dimaksud dengan trading. Trading dalam Bahasa Indonesia artinya jual beli. Pada dasarnya trading cryptocurrency harus sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang telah ditentukan oleh syari’at Islam, yaitu trading cryptocurrency harus dilakukan secara tunai (spot) dan nilainya harus sama artinya masing-masing pihak harus menerima atau menyerahkan mata uang pada saat yang bersamaan. Sedangkan dalam trading cryptocurrency berbasis binary option itu sudah memenuhi unsur perjudian, maka trading cryptocurrency berbasis binary option termasuk dalam tindak pidana perjudian.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Cryptocurrency; fiqih jinayah; maisir; uang; binary option
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law > 345 Criminal law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74231 - Hukum Pidana Islam
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 12 Aug 2023 08:57
Last Modified: 12 Aug 2023 08:57
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20560

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics