Analisis implementasi awal waktu berbuka dan imsak di Dataran Tinggi Dieng Kecamatan Kejajar Wonosobo

Rosyidin, Fahrur (2022) Analisis implementasi awal waktu berbuka dan imsak di Dataran Tinggi Dieng Kecamatan Kejajar Wonosobo. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1602046009_Fahrur_Rosyidin] Text (Skripsi_1602046009_Fahrur_Rosyidin)
Skripsi_1602046009_Fahrur_Rosyidin.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Dataran Tinggi Dieng merupakan wilayah yang memiliki ketinggian lebih dari 2000 mdpl sekaligus yang menyandang gelar sebagai dataran tertinggi di Indonesia. Sebagai dataran tertinggi sudah seharusnya Dieng ini memiliki awal waktu berbuka dan imsak sendiri. Karena, jika mengikuti sistem semakin tinggi suatu tempat, maka semakin rendah pula ufuknya, dan semakin rendah ufuk suatu tempat, semakin lambat pula awal waktu shalatnya.
Dengan mengikuti sistem tersebut seharusnya dapat pula diterapkan pada wilayah yang memiliki ketinggian yang signifikan seperti gunung atau dataran tinggi. Dan dalam kesempatan kali ini target yang menjadi objek penelitian ialah dataran tinggi, yang mana merupakan dataran tertinggi di Indonesia yakni Dataran Tinggi Dieng.
Penelitian ini akan membahas : 1) Bagaimana implementasi awal waktu berbuka dan imsak berdasarkan ketinggian di Dieng? 2) Apa alasan tidak diterapkannya awal waktu berbuka dan imsak yang berbeda untuk wilayah Dieng Wonosobo?
Penelitian dalam studi kasus ini ialah penelitian kualitatif dan kuantitatif yang merupakan metode yang sifatnya berupa pendapat ataupun materi yang mana dapat berupa motivasi, alasan atau pendapat masyarakat dari sebuah penelitian dan juga perhitungan data, yang akan disimpulkan dalam bentuk hipotesis atau teori
penelitian ini menghasilkan dua temuan yakni, 1) Data observasi perhitungan awal waktu berbuka dan imsak, tanggapan penduduk di Dieng terkait waktu shalat mereka dan juga awal waktu berbuka dan imsak. 2) banyaknya problematika yang menjadi alasan tidak diterapkannya awal waktu berbuka dan imsak khusus.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dataran tinggi; Dieng; Waktu berbuka; Waktu imsak
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.265 Islam and natural science (Incl. Islamic Astronomy/Ilmu Falak)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 14 Aug 2023 01:44
Last Modified: 14 Aug 2023 01:54
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20561

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics