Uji kelayakan tempat rukyat di area sekitar makam Syekh Mudzakir Morosari Demak

Majid, Muhammad Nurholis (2022) Uji kelayakan tempat rukyat di area sekitar makam Syekh Mudzakir Morosari Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1802046046_Muhammad_Nurholis_Majid] Text (Skripsi_1802046046_Muhammad_Nurholis_Majid)
Skripsi_1802046046_Muhammad_Nurholis_Majid.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian dengan judul “Uji Kelayakan Tempat Rukyat di Area Sekitar Makam Syekh Mudzakir Morosari Demak” ini dilatarbelakangi oleh keingintahuan penulis tentang kegiatan rukyat di Demak yang pertama kali dilaksanakan di makam Syekh Mudzakir. Rukyatul hilal pertama kali dilaksanakan di Demak yaitu pada penentuan awal bulan Ramadhan 1440 H atau pada hari ahad 5 Mei 2019.
Tujuan dari penelitian ini adalah yang pertama untuk mengetahui latar belakang digunakannya tempat rukyat di sekitar makam Syekh Mudzakir dan yang kedua untuk mengetahui tingkat kelayakan di sekitar makam Syekh Mudzakir sebagai tempat rukyat dalam penentuan awal bulan kamariah.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan analisis data. Data yang terkumpul kemudian diolah dan dianalisis. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, yaitu menyajikan data dengan cara menggambarkan kenyataan sesuai dengan data yang telah diperoleh dari hasil penelitian.
Hasil dari penelitian ini adalah area sekitar makam Syekh Mudzakir merupakan salah satu tempat yang cukup layak untuk digunakan kegiatan rukyatul hilal. Karena memenuhi beberapa kriteria parameter primer yaitu kondisi geografis dan kondisi atmosfer, dan memenuhi semua kriteria parameter sekunder yaitu aksesibilitas dan fasilitas tempat. Yang menyebabkan makam Syekh Mudzakir dikatakan cukup layak adalah karena tidak memenuhi semua kriteria parameter primer yaitu kondisi cuaca.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Rukyatul Hilal; Tempat Rukyat; Makam Syekh Mudzakir
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.265 Islam and natural science (Incl. Islamic Astronomy/Ilmu Falak)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 14 Aug 2023 09:55
Last Modified: 14 Aug 2023 09:55
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20571

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics