Analisis penerapan sistem digital di tengah perubahan teknologi pada Bank Syariah Indonesia di KC Kota Kendal

Widyaningrum, Octavia Lailatul (2022) Analisis penerapan sistem digital di tengah perubahan teknologi pada Bank Syariah Indonesia di KC Kota Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1905036174_Octavia_Lailatul_Widyaningrum] Text (Skripsi_1905036174_Octavia_Lailatul_Widyaningrum)
Skripsi_1905036174_Octavia_Lailatul_Widyaningrum.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Persaingan dalam dunia perbankan saat ini sangat ketat. Untuk meningkatkan minat para nasabah, perbankan harus meningkatkan kualitas pelayanannya. Salah satunya dalam hal sistem digitalnya agar lebih mudah di akses nasabah dimanapun dan kapanpun agar nasabah bisa mencapai kepuasannya dalam penggunaan jasa Bank Syariah Indonesia. perkara yang diangkat dalam skripsi ini ialah bagaimana persoalan penerapan sistem digital Bank Syariah Indonesia dalam implikasinya terhadap kepuasan nasabah yang ada di lingkungan sekitar serta aspek apa saja yang memberikan pengaruh kepuasan kepada nasabah dalam penggunaan jasa di Bank Syariah Indonesia dan dampak dari penerapan sistem digital kepada nasabah bank Syariah Indonesia itu sendiri.
Penelitian ini mengacu pada metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan ialah dengan wawancara (interview) pada nasabah Bank Syariah Indonesia.Hasil penelitian dan pembahasaan memastikan bahwa sistem digital yang ada di perbankan sangatlah berpengaruh terhadap jalannya perbankan itu sendiri. Selain meningkatkan ke efektifitasan waktu, sistem perbankan juga sangat berpengaruh terhadap kemudahan penggunanya untuk mengakses layanan perbankan itu sendiri baik bank syariah maupun bank konvensional. Namum masih banyak pula kekurangan-kekurangan dari sistem digital dalam perbankan. Contohnya dari tingkat keamanan yang berbeda-beda pada setiap bank nya. Tujuannya agar nasabah Bank Syariah Indonesia selain mendapat fasilitas yang memadai, juga merasa puas dengan pelayanan yang diberikan oleh Bank Syariah Indonesia tanpa harus ragu dengan tingkat keamanannya.

ABTRACT:
Competition in the banking world today is very tight. To increase customer interest, banks must improve the quality of their services. One of them is in terms of the digital system to make it easier for customers to access anywhere and anytime so that customers can achieve their satisfaction in using the services of Bank Syariah Indonesia. The case raised in this thesis is how the problem of implementing the digital system of Bank Syariah Indonesia in its implications for customer satisfaction in the surrounding environment and what aspects affect customer satisfaction in the use of services at Bank Syariah Indonesia and the impact of implementing a digital system on customers Indonesian Islamic bank itself.
This study refers to a qualitative research The data collection techniques used are interviews (interviews), through the distribution of questionnaires to Indonesian Islamic Bank customers.The results of research and discussion ensure that the digital system in banking is very influential on the course of banking itself. In addition to increasing time effectiveness, the banking system also greatly influences the ease of users to access banking services, both Islamic banks and conventional banks. However, there are still many shortcomings of the digital system in banking. An example of a different level of security at each bank. The goal is that Bank Syariah Indonesia customers in addition to getting adequate facilities, are also satisfied with the services provided by Bank Syariah Indonesia without having to doubt the level of security.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Sistem Digital; Teknologi; Bank Syariah Indonesia
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 651 Office services
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Muhammad Mikail Azka
Date Deposited: 24 Aug 2023 03:57
Last Modified: 24 Aug 2023 03:57
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20578

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics