Perancangan interior galeri planetarium UIN Walisongo Semarang berbasis UOS (Unity of Science)

Khairiyyah, Ghaida Sophia (2023) Perancangan interior galeri planetarium UIN Walisongo Semarang berbasis UOS (Unity of Science). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1902046057_Ghaida_Sophia_Khairiyyah] Text (Skripsi_1902046057_Ghaida_Sophia_Khairiyyah)
Skripsi_1902046057_Ghaida_Sophia_Khairiyyah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Planetarium merupakan tempat untuk melihat benda-benda langit menggunakan alat khusus yang diproyeksikan ke dalam kubah (dome). Salah satu fasilitas pendukung planetarium adalah galeri. Fungsi galeri sebagai pengantar menambah wawasan astronomi sebelum melakukan simulasi di ruang show. UIN Walisongo merupakan pionir prodi Ilmu Falak di Indonesia, satu satunya kampus yang memiliki planetarium. Lantai 1 planetarium belum berfungsi secara maksimal. Berdasarkan sumber data laporan bulanan, data pengunjung planetarium mengalami peningkatan dari bulan januari hingga Maret. Hal ini melatarbelakangi peneliti untuk membuat rancangan desain interior galeri. Peneliti membuat rancangan berbasis unity of science sebagai ciri khas dari UIN Walisongo. Penelitian ini mengacu pada galeri astronomi di Taman Pintar Yogyakarta. Tema yang diangkat yaitu “Niscalla Gallery”, adanya konsep galeri berbasis “UOS (unity of science)” mampu memberikan suasana baru dan berbeda dari galeri planetarium yang sudah ada. Proses perancangan interior menggunakan metode desain yang meliputi; studi lapangan, studi literatur, dan wawancara yang menghasilkan konsep desain 3d interior galeri planetarium. Alur sirkulasi pengunjung sebagai acuan dalam rancangan elemen pengisi interior galeri diantaranya area pengantar, area inti, dan area penutup. Implementasi galeri planetarium UIN Walisongo berbasis UOS (unity of science) diaplikasikan kedalam poster yang menghadirkan ayat Al-quran, mengangkat istilah Jawa Kuno, menyediakan kitab turats dan alat non optik di falak corner.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Galeri; Astronomi; Unity of Science; Planetarium UIN Walisongo
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.265 Islam and natural science (Incl. Islamic Astronomy/Ilmu Falak)
700 The arts > 720 Architecture > 727 Buildings for education and research
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 18 Aug 2023 09:53
Last Modified: 18 Aug 2023 09:53
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20636

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics