Tinjauan hukum islam terhadap tindakan dan perbuatan wanprestasi sewa menyewa ruko Batik Plaza yang terjadi di Pekalongan : studi kasus putusan Nomor 51/Pdt.G/2019/PN Pkl

Wahib, M. Syaifurrohman (2022) Tinjauan hukum islam terhadap tindakan dan perbuatan wanprestasi sewa menyewa ruko Batik Plaza yang terjadi di Pekalongan : studi kasus putusan Nomor 51/Pdt.G/2019/PN Pkl. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1502036033_M._Syaifurrohman_Wahib] Text (Skripsi_1502036033_M._Syaifurrohman_Wahib)
1502036033_MUHAMMAD SYAIFURROHMAN WAHIB_Lengkap Tugas Akhir - wahib muhammad.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Wanprestasi artinya tidak memenuhi sesuatu yang diwajibkan seperti yang telah ditetapkan dalam perikatan. Untuk memperoleh kembali hak yang diharapkan dalam suatu perjanjian pada umumnya pihak yang dirugikan atas wanprestasi meminta ganti kerugian melalui pengajuan gugatan ke pengadilan. Salah satu faktanya dapat dilihat dalam kasus yang terjadi dalam Putusan Pengadilan Pekalongan Nomor 51/Pdt.G/2019/PN Pkl. Dalam kasus ini terjadi wanprestasi terhadap perjanjian sewa menyewa ruko Mall Batik Plaza yang dilakukan oleh pihak ketiga selaku penyewa dengan pihak pertama selaku Walikota Pekalongan.
Dalam penelitian ini, penulis meneliti tentang faktor penolakan putusan gugatan wanprestasi oleh Hakim Pengadilan. Metode penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Normatif yaitu penelitian yang dilakukan dengan konsep kepustakaan. Data diperoleh melalui studi kepustakaan dan data sekunder yaitu Putusan Pengadilan.
Hasil kesimpulan penelitian ini yang diperolah adalah 1) Penolak Putusan Gugatan Wanprestasi oleh Hakim Pengadilan Negeri Pekalongan didasarkan pada adanya obscure libel atau gugatan kabur atau tidak jelas oleh penggugat. Selain itu penggugat tidak memiliki kedudukan untuk membawanya kehadapannya, sehingga gugatan tersebut mengandung error in persona. 2) Akibat hukum dari putusan perkara bagi penggugat selaku penyewa ruko batik plaza adalah tidak mendapatkan penerbitan Hak Guna Bangunan terhadap objek sengketa. Selain itu, berakibat pada penggugat untuk mengosongkan dan menyerahkan kembali ruko yang disewanya pada tergugat I. Penggugat juga dituntut untuk memulihkan kerugian immaterial yang dialami tergugat I dengan cara permintaan maaf di media televisi lokal selama tiga hari berturut-turut dengan syarat ditayangkan 12x setiap hari dengan total waktu 45 detik setiap kali

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Sewa_menyewa; wanprestasi; akibat hukum
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law > 343 Military, tax, trade, industrial law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 19 Aug 2023 03:38
Last Modified: 19 Aug 2023 03:38
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20652

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics