Analisis hisab awal bulan Kamariah dalam kitab Magību al-Qamarain fī al-Hisāb ‘alā Tarīqati Syamsi al-Hilāl karya Aang Deden Kasyful Anwar

Masripah, Isma (2023) Analisis hisab awal bulan Kamariah dalam kitab Magību al-Qamarain fī al-Hisāb ‘alā Tarīqati Syamsi al-Hilāl karya Aang Deden Kasyful Anwar. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1902046090_Isma_Masripah] Text (Skripsi_1902046090_Isma_Masripah)
Skripsi_1902046090_Isma_Masripah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Di Indonesia banyak sekali metode hisab awal bulan Kamariah yang digunakan oleh ahli falak. Salah satunya metode hisab dalam kitab Magību al-Qamarain Fī al-Ḥisāb ‘Alā Ṭarīqati Syamsi al-Hilāl Karya Deden Kasyful Anwar. Buku ini dibahas dalam kajian falak di Pondok Pesantren Ittihadul Huda yang dilaksanakan setiap bulan Syakban. Perhitungannya menggunakan markaz Cianjur, dan termasuk ke dalam hisab haqīqī bi at-taqrīb. Oleh karena itu penulis tertarik untuk mengkaji bagaimana algoritma penentuan hisab awal bulan dalam kitab Magību al-Qamarain dan bagaimana akurasinya.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif menggunakan pendekatan kepustakaan (Library Research). Data primer diambil dari kitab Magību al-Qamarain fī al-Hisāb 'Alā Ṭarīqati Syamsi al-Hilāl. Analisis data menggunakan pendekatan deskriptif analisis yaitu menggambarkan algoritma hisab awal bulan Kamariah dalam kitab Magību al-Qamarain dengan kitab Syamsu al-Hilāl.
Hasil penelitian ini adalah hisab awal bulan Kamariah dalam kitab Magību al-Qamarain Fī al-Ḥisāb ‘Alā Ṭarīqati Syamsi al-Hilāl tergolong ke dalam hisab haqīqī bi at-taqrīb. Kemudian metode ini akurat jika dibandingkan dengan metode taqrībi lainnya, yaitu kitab Syamsu al-Hilāl. Tetapi keakuratannya masih tergolong rendah, jika dibandingkan dengan metode kontemporer yaitu Ephemeris Kemenag RI, yang sudah teruji di lapangan sebagai acuan dalam hisab awal bulan Kamariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Awal Bulan Kamariah; Hisab; Kitab Magību al-Qamarain Fī al-Ḥisāb ‘Alc Ṭarīqati Syamsi al-Hilāl; Aang Deden Kasyful Anwar
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.265 Islam and natural science (Incl. Islamic Astronomy/Ilmu Falak)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 19 Aug 2023 02:58
Last Modified: 19 Aug 2023 02:59
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20654

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics