Stress akademik mahasiswa Fakultas Ushuludin dan Humaniora UIN Walisongo Semarang: Komparasi mahasiswa alumni pesantren dan mahasiswa alumni non pesantren

Fatmawati, Eka (2021) Stress akademik mahasiswa Fakultas Ushuludin dan Humaniora UIN Walisongo Semarang: Komparasi mahasiswa alumni pesantren dan mahasiswa alumni non pesantren. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1704046066_Eka Fatmawati_SKRIPSI Lengkap.pdf] Text
1704046066_Eka Fatmawati_SKRIPSI Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (414kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan stress akademik. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan stress akademik pada mahasiswa alumni pesantren dan mahasiswa alumni non pesantren Ushuludin dan Humaniora Uin Walisongo Semarang. Tuntutan yang memicu mahasiswa menjadi strees akademik yaitu latar belakang pendidikan mahasiswa. Tekanan dan tuntutan semacam ini akan melahirkan respon individu diantaranya pikiran negative, emosi. Peneliti mengambil objek penelitian kepada alumni karena di Ushuludin dan Humaniora adalah fakultas pokok-pokok agama, jika mahasiswa masuk dengan latar belakang Pendidikan yang tidak sama atau sesuai dengan kriteria yang ada di fakultas Ushuludin dan Humaniora akan mengalami gangguan pikiran, serta tekanan yaitu stress. Metode Penelitian ini yaitu kuantitatif dengan jenis komparasi. Teknik sampling menggunakan simple random sampling terhadap mahasiswa yang berusia 19-21 tahun yaitu 50 mahasiswa alumni pesantren dan 39 mahasiswa alumni non pesantren. Dengan pengumpulan data menggunakan instrument skala stress akademik. Teknik analisis data menggunakan cara menganalisis suatu data dengan statistic yang relevan dalam penelitian. Teknik analisis kuantitatif menggunakan Teknik statistic inferensial menggunakan uji T, sebelum dilakukan uji T maka dilakukan uji hemogenitas dan uji normalitas. Hasil analisis menunjukan bahwa tidak ada perbedaan tingkat stress akademik antara mahasiswa alumni pesantren dan mahasiswa alumni non pesantren. Tidak adanya perbedaan dipengaruhi oleh beberapa factor, diantaranya: stressor akademik eksternal dan internal, respon stress, dan coping stress. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat stress akademik yang dialami yaitu tingkatan sedang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Stress; Tekanan Akademik; terapi; psikologis Mahasiswa
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 615 Pharmacology and theraputics
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 19 Aug 2023 03:04
Last Modified: 19 Aug 2023 03:04
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20655

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics