Pengaruh tingkat pengetahuan perpajakan, kebermanfaatan Nomor Pokok Wajib Pajak, dan religiusitas terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi dalam PPh 21 : studi kasus KPP Pratama Batang

Novita, Erwin (2023) Pengaruh tingkat pengetahuan perpajakan, kebermanfaatan Nomor Pokok Wajib Pajak, dan religiusitas terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi dalam PPh 21 : studi kasus KPP Pratama Batang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1805046002_Erwin Novita_Lengkap] Text (Skripsi_1805046002_Erwin Novita_Lengkap)
1805046002_Erwin Novita_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Pajak merupakan pendapatan terbesar yang diterima negara. Akan tetapi tingkat kepatuhan wajib pajak masih sangat rendah. Ada faktor internal maupun eksternal yang menyebabkan masih rendahnya tingkat kepatuhan wajib pajak. Rendahnya kepatuhan wajib pajak menjadi hal yang perlu untuk dikaji, oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Tingkat Pengetahuan Perpajakan, Kebermanfaatan Nomor Pokok Wajib Pajak, dan Religiusitas terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi dalam PPh 21 (studi kasus KPP Pratama Batang).
Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif yang analisisnya menggunakan aplikasi SPSS’26. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh wajib pajak orang pribadi yang terdaftar di KPP Pratama Batang. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode Probability sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 wajib pajak orang pribadi.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa tingkat pengetahuan perpajakan berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak. Hal ini dikarenakan dengan tingginya tingkat pengetahuan dan pemahaman wajib pajak terhadap perpajakan, maka akan semakin memungkinkan wajib pajak untuk tidak melanggar peraturan perpajakan, sehingga pengetahuan perpajakan dapat meningkatkan kepatuhan wajib pajak. Kebermanfaatan NPWP berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak. Hal ini dikarenakan NPWP memiliki manfaat yang dapat dirasakan oleh wajib pajak dan akan mempengaruhi sikap patuhnya. Religiusitas berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak. Hal ini dikarenakan semakin tinggi tingkat religiusitas seseorang maka akan dapat mencegah perilaku menyimpang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan perpajakan; NPWP; Religiusitas; Kepatuhan; Wajib pajak
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 336 Public finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 62202 - Akuntansi Syariah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 21 Aug 2023 09:46
Last Modified: 21 Aug 2023 09:46
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20666

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics