Meta-analisis pengaruh model Problem-Based Learning (PBL) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa

Hasanah, Shofiatun (2022) Meta-analisis pengaruh model Problem-Based Learning (PBL) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1808086069_SHOFIATUN_HASANAH] Text (SKRIPSI_1808086069_SHOFIATUN_HASANAH)
1808086069_Shofiatun Hasanah_Full Skripsi - Shofiatun Hasanah UIN Walisongo.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan berpikir tingkat tinggi yang harus dimiliki siswa. Keahlian berpikir kritis yang bagus akan sejalan dengan kemampuan menyusun taktik dan strategi sehingga dapat berhasil pada persaingan global. Namun, terdapat beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa masih dalam kategori rendah. Perlu dilakukannya kegiatan pembelajaran yang dapat melatih keterampilan berpikir kritis siswa, salah satunya melalui penerapan model Problem-based learning (PBL). Banyak penelitian yang membahas tentang model Problem-based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan meta-analisis tentang model Problem-based learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian berupa meta-analisis. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk (1) mengetahui besar pengaruh keterampilan berpikir kritis siswa pada model Problem-Based Learning berdasarkan jenjang pendidikan SMP dan SMA ditinjau dari nilai effect size, (2) mengetahui besar pengaruh model Problem-Based Learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa berdasarkan jenjang pendidikan SMA ditinjau dari nilai effect size. Hasil penelitian ini adalah (1) nilai effect size tertinggi sebesar 2,27 dengan rerata 0,50 dan masuk kategori efek besar (2) nilai effect size tertinggi sebesar 2,27 dengan rerata 0,65 dan masuk kategori efek besar. Hal ini membuktikan bahwa model problem-based learning memiliki pengaruh besar terhadap keterampilan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Berpikir kritis; meta-analisis; model problem-based learning
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 22 Aug 2023 08:41
Last Modified: 10 Jul 2024 08:08
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20682

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics