Pengaruh locus of control internal dan disonansi kognitif terhadap kecenderungan cyberbullying pada mahasiswa UIN Walisongo Semarang

Suroya, Solikhatus (2023) Pengaruh locus of control internal dan disonansi kognitif terhadap kecenderungan cyberbullying pada mahasiswa UIN Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1807016160_SOLIKHATUS_SUROYA] Text (SKRIPSI_1807016160_SOLIKHATUS_SUROYA)
1807016160_Solikhatus Suroya_Lengkap Tugas Akhir - solikhatus suroya.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Kecenderungan cyberbullying merupakan kecondongan perilaku perundungan secara online melalui teknologi internet ataupun media sosial yang dilakukan dengan sengaja dan berulang-ulang yang bertujuan untuk menyakiti atau mengintimidasi orang lain sehingga mengakibatkan korban merasa terganggu. Terdapat beberapa hal yang dapat memengaruhi kecenderungan cyberbullying, diantaranya yaitu locus of control internal serta disonansi kognitif. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh locus of control internal dan disonansi kognitif terhadap kecenderungan cyberbullying pada mahasiswa Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian kausal. Responden dalam penelitian ini yaitu mahasiswa Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang dengan sampel berjumlah 270 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik aksidental sampling. Adapun instrument penelitian menggunakan tiga skala likert berupa skala kecenderungan cyberbullying, skala locus of control internal, serta skala disonansi kognitif. Hasil analisis data menggunakan regresi liner sederhana dan regresi linier berganda menunjukkan nilai signifikansi pada variabel locus of control internal dengan kecenderungan cyberbullying sebesar 0.00 < 0.05, yang berarti terdapat pengaruh locus of control internal terhadap kecenderungan cyberbullying, begitupun halnya dengan variabel disonansi kognitif dan cyberbullying yang menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0.00 < 0.05, hal tersebut berarti terdapat pengaruh disonansi kognitif terhadap kecenderungan cyberbullying.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kecenderungan cyberbullying; locus of control internal; disonansi kognitif.
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > 73201 - Psikologi
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 22 Aug 2023 09:50
Last Modified: 22 Aug 2023 09:50
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20688

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics