Tinjauan hukum islam terhadap wakaf ternak di Pondok Pesantren Tahfidzul Quran Al-Ikhlas Kramat Tegal

Yuliana, Eva Nur (2022) Tinjauan hukum islam terhadap wakaf ternak di Pondok Pesantren Tahfidzul Quran Al-Ikhlas Kramat Tegal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1802036093_Eva_Nur_Yuliana] Text (Skripsi_1802036093_Eva_Nur_Yuliana)
1802036093_Eva Nur Yuliana_Lengkap Tugas Akhir - EVA NUR YULIANA UIN Walisongo.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Salah satu implementasi wakaf adalah program dari Global Wakaf ACT, yakni program wakaf ternak. Program ini dilakukan di pondok pesantren yang dinilai kurang mampu secara ekonomi, sehingga dipilihlah Pondok Pesantren Tahfidzul Quran Al-Ikhlas Kramat Tegal. Model wakaf ternak adalah dengan menggemukkan kambing kemudian menjual kambing tersebut pada saat hari raya Idul Adha tiba. Maka dari itu, penulis tertarik juga mengkaji lebih dalam wakaf ternak ini dalam perspektif fiqh muamalah.
Berdasarkan latar belakang tersebut, memunculkan dua pokok permasalahan. Pertama, mengenai implementasi wakaf benda bergerak berupa kambing di Pondok Pesantren Tahfidzul Quran Al-Ikhlas Kramat Tegal. Kedua, mengenai tinjauan hukum Islam terhadap wakaf benda bergerak berupa kambing di Pondok Pesantren Tahfidzul Quran Al-Ikhlas Kramat Tegal.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Data penelitian diperoleh menggunakan metode wawancara, observasi lapangan, serta dokumentasi agar mendapatkan informasi dengan tepat antara pendapat teori dengan data yang diperoleh ketika praktik di lapangan.
Penelitian ini menyimpulkan, pertama, implementasi praktik wakaf ternak di Pondok Pesantren Tahfidzul Quran Al-Ikhlas Kramat Tegal telah berjalan selama dua periode, sehingga masih dalam tahap mengembangkan dan mengoptimalkan potensi wakaf ternak. Kedua, dalam hal kesepakatan antara para pihak, ditemukan adanya ketidakjelasan pada akad atau S}igha>t sehingga berdampak pada pelaksanaan praktik wakaf ternak. Oleh karena itu, pelaksanaan praktik wakaf ternak ini belum sesuai dengan rukun dan syarat sebagaimana dalam perspektif hukum Islam tentang wakaf.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Wakaf ternak; objek wakaf; hukum ekonomi Syariah
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law > 343 Military, tax, trade, industrial law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 24 Aug 2023 04:05
Last Modified: 25 Aug 2023 02:02
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20711

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics