Tinjauan hukum Islam terhadap praktik jual beli online serok pada live tiktok shop : studi kasus pada Toko Qiansoto di Tiktok

Risnawati, Yovita (2022) Tinjauan hukum Islam terhadap praktik jual beli online serok pada live tiktok shop : studi kasus pada Toko Qiansoto di Tiktok. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1802036100_Yovita_Risnawati] Text (Skripsi_1802036100_Yovita_Risnawati)
1802036100_Yovita Risnawati_Lengkap Tugas Akhirr - Wati Risna.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Jual beli dengan menggunakan cara menyerok produk ini merupakan jual beli dimana pembeli tidak mengetahui secara pasti barang apa saja yang akan diterima. Praktik jual beli ini banyak dilakukan di aplikasi Tiktok melalui fitur Tiktokshop. Dalam praktiknya penjual akan menyerok-nyerok produk secara acak, oleh karena itu barang yang didapatkan setiap pembeli akan berbeda-beda. Barang yang didapatkan juga tidak dapat diukur dari segi kualitas dan kuantitasnya. Pada praktiknya jual beli dengan sistem serok akan mengakibatkan kerugian bagi salah satu pihak yaitu pembeli, karena adanya unsur ketidakjelasan dan ketidakpastian terhadap objek yang diperjualbelikan. Sehingakan jual beli ini hanya akan mengakibatkan perselisihan bagi kedua belah pihak. Oleh karena itu jual beli dengan sistem ini menjadi tidak sah, karena mengandung ketidakjelasan.
Masalah dalam penelitian ini bagaimana mekanisme jual beli serok saat live Tiktok pada toko Qiansoto dan bagaimana tinjauan hukum islam mengenai praktik jual beli dengan sistim serok saat live Tiktok pada toko Qiansoto.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan ( field research ) dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian, Praktik jual beli serok ini tidak sesuai dengan hukum Islam karena termasuk kedalam kategori jual beli yang belum jelas . Menurut hukum Islam seorang muslim tidak dibolehkan menjual sesuatu yang bercacat kepada saudaranya, kecuali menjelaskan cacat tersebut kepada saudaranya. Dalam hal ini pihak penjual tidak menanggapi komplain yang disampaikan oleh pembeli disisi lain pada aplikasi Tiktok juga tidak disediakan fitur komplain untuk menjaga keamanan dalam transaksi jual beli di Tiktok.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Serok; jual beli; Hukum Islam
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law > 343 Military, tax, trade, industrial law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 24 Aug 2023 04:31
Last Modified: 24 Aug 2023 04:31
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20713

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics