Pemberdayaan masyarakat melalui pemanfaatan daur ulang sampah oleh bank sampah kencana berseri Desa Kelet Kecamatan Keling Kabupaten Jepara

Sari, Neneng Ratna (2022) Pemberdayaan masyarakat melalui pemanfaatan daur ulang sampah oleh bank sampah kencana berseri Desa Kelet Kecamatan Keling Kabupaten Jepara. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1801046079_NENENG_RATNA_SARI] Text (SKRIPSI_1801046079_NENENG_RATNA_SARI)
1801046079_Neneng Ratna Sari_Full_Skripsi - Neneng Ratna.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Pemberdayaan masyarakat merupakan upaya untuk meningkatkan potensi dan membentuk individu dan masyarakat menjadi mandiri sesuai kemampuannya. Bank Sampah Kencana Berseri merupakan sebuah organisasi kemasyarakatan dalam pemberdayaannya melakukan program mengembangkan dan meningkatkan ketrampilan, mengedukasi dan menggerakkan masyarakat untuk melakukan pengelolaan sampahnya. Pelaksanaan pemberdayaannya dilakukan dengan bersosialisasi, kemudian membuat program pelatihan dan pelaksanaan pemanfaatan daur ulang sampah. Rumusan masalah dalam penelitian adalah : (1) Bagaimana proses pelaksanaan pemberdayaan masyarakat melalui pemanfaatan daur ulang sampah di Bank Sampah Kencana Berseri di Desa Kelet Kecamatan Keling Kabupaten Jepara. (2) Bagaimana manfaat yang dirasakan masyarakat setelah dilakukan kegiatan daur ulang sampah melalui Bank Sampah Kencana Berseri di Desa Kelet Kecamatan Keling Kabupaten Jepara.
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui proses pelaksanaan pemberdayaan masyarakat Desa Kelet Kecamatan Keling Kabupaten Jepara di Bank Sampah Kencana Berseri dan mengetahui manfaat yang dirasakan masyarakat Desa Kelet Kecamatan Keling Kabupaten Jepara melalui kegiatan daur ulang sampah di Bank Sampah Kencana Berseri. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif pendekatan deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, Proses Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pemanfaatan Daur Ulang Sampah Oleh Bank Sampah Kencana Berseri Desa Kelet Kecamatan Keling Kabupaten Jepara yakni : 1) Tahap Penyadaran, 2) Tahap Peningkatan Kemampuan, 3) Tahap Peningkatan Kemampuan dan Kecakapan-ketrampilan. Kedua, manfaat yang dirasakan masyarakat setelah dilakukan kegiatan daur ulang sampah melalui Bank Sampah Kencana Berseri di Desa Kelet Kecamatan Keling Kabupaten Jepara. Yaitu : 1) Merubah Persepsi Masyarakat, 2) Mendapatkan Penghasilan Tambahan, 3) Mendapatkan Pengalaman Melalui Pemanfaatan Daur Ulang Sampah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan masyarakat; daur ulang sampah; bank sampah.
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 25 Aug 2023 03:17
Last Modified: 25 Aug 2023 03:17
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20741

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics