Perspektif hukum Islam terhadap jual-beli follower snack video : studi kasus di era commerce

Putri, Ryzke Nur Afifah Abidin (2022) Perspektif hukum Islam terhadap jual-beli follower snack video : studi kasus di era commerce. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1802036139_Ryzke_Nur_Afifah_Abidin_Putri] Text (Skripsi_1802036139_Ryzke_Nur_Afifah_Abidin_Putri)
1802036139_Ryzke Nur Afifah Abidin Putri_Full Skripsi - Ryzke Nur Afifah 139.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Jual-beli atau perdagangan berarti menjual atau mengganti yaitu sifat dari Jual-beli adalah tukar menukar antara harta dengan harta.Jual-beli Online (E-Commerce) adalah persetujuan saling mengikat antara penjual dan pembeli, dimana penjual sebagai pihak yang menyerahkan barang, dan pembeli sebagai pihak yang membayar harga barang yang dijual sesuai dengan kesepakatan di awal. Belakangan terdapat sebuah fenomena jual-beli follower Snack Video yang tidak memiliki kejelasan dalam akad dan objek akadnya sehingga menarik untuk diteliti.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana mekanisme Jual-beli follower Snack Video serta Bagaimana Perspektif Hukum Islam terhadap mekanisme Jual-beli follower Snack Video.
Penelitian menggunakan metode field research (studi lapangan). Studi lapangan di lakukan guna mencari validitas data yang berkaitan dengan permasalahan Jual-beli follower Snack Video yang ada di media Online.
Penelitian ini menyimpulkan, pertama mekanisme jual-beli follower Snack Video adalah Jual-beli Online dengan transaksi tidak harus bertemu antara penjual dan pembeli dan transaksinya bisa lewat metode pembayaran yang sudah di sediakan oleh e_commerce. Kedua, jual-beli follower Snack Video adalah Jual-beli yang dilarang karena tidak memiliki syarat-syarat dalam Jual-beli seperti tidak ada kejelasan dalam objek tersebut dan juga status objek tersebut bukan dari pemilik penjual karena menjual objek tanpa sepengetahuan pemilik dan dapat menimbulkan penipuan yang dapat dirugikan masyarakat dan konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Jual beli; follower; snack video
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law > 343 Military, tax, trade, industrial law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 25 Aug 2023 03:47
Last Modified: 25 Aug 2023 03:47
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20743

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics