Persepsi pemustaka terhadap sikap pustakawan dan staf layanan sirkulasi di Perpustakaan Pusat UIN Walisongo Semarang
Lena, Lena (2022) Persepsi pemustaka terhadap sikap pustakawan dan staf layanan sirkulasi di Perpustakaan Pusat UIN Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
1803036002_Lena_Skripsi Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang persepsi pemustaka terhadap sikap pustakawan dan staf layanan sirkulasi di Perpustakaan Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2022 di Perpustakaan Pusat Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi adapun informannya berjumlah 5 orang. Sikap dapat dilihat dengan (1) penuh perhatian, (2) penuh pertolongan, (3) tenggang rasa, (4) sopan, (5) peduli. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi pemustaka terhadap sikap pustakakawan dan staf layanan sirkulasi adalah sikap (1) penuh perhatian, (2) penuh pertolongan, (3) tenggang rasa, (4) sopan, (5) peduli. Sikap Penuh perhatian yang diberikan pustakawan dan staf sudah baik, memberikan pelayanan dan solusi terhadap pemustaka, namun perlu ditingkatkan lagi . Persepsi pemustaka terkait dengan sikap penuh pertolongan, pemustaka merasa terbantu dengan pertolongan dan bantuan yang diberikan. Persespsi pemustaka mengenai sikap tenggang rasa yang dimiliki pustakawan sudah baik, terlihat pada saat pemustaka meminta bantuan, tetapi mengeluh pada saat pustakawan tidak mendahulukan kepentingan pemustaka. Persepsi pemustaka terhadap sikap sopan yaitu sudah baik. Persepsi pemustaka terhadap sikap peduli sudah baik dengan memberikan arahan dan respon baik terhadap pemustaka. Kesimpulan dari hasil pembahasan mengenai sikap (1) penuh perhatian, (2) penuh pertolongan, (3) tenggang rasa, (4) sopan, (5) peduli adalah sudah baik.Namun perlu ditingkatkan lagi dengan sikap pustakawan dan staf pada saat memberikan pelayanan kepada pemustaka terkait dengan sikap penuh perhatian, penuh pertolongan, tenggang rasa, sopan dan peduli.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perpustakaan; Pustakawan; Persepsi Pemustaka; Layanan Sirkulasi |
Subjects: | 000 Computer science, information, general works > 020 Library and information sciences 000 Computer science, information, general works > 020 Library and information sciences > 023 Personnel administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam) |
Depositing User: | Umar Falahul Alam |
Date Deposited: | 26 Aug 2023 02:02 |
Last Modified: | 26 Aug 2023 02:02 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20759 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year