Persepsi pemustaka terhadap sikap pustakawan dan staf layanan sirkulasi di Perpustakaan Pusat UIN Walisongo Semarang

Lena, Lena (2022) Persepsi pemustaka terhadap sikap pustakawan dan staf layanan sirkulasi di Perpustakaan Pusat UIN Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1803036002_Lena_Skripsi Lengkap.pdf] Text
1803036002_Lena_Skripsi Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang persepsi pemustaka terhadap sikap pustakawan dan staf layanan sirkulasi di Perpustakaan Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2022 di Perpustakaan Pusat Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi adapun informannya berjumlah 5 orang. Sikap dapat dilihat dengan (1) penuh perhatian, (2) penuh pertolongan, (3) tenggang rasa, (4) sopan, (5) peduli. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi pemustaka terhadap sikap pustakakawan dan staf layanan sirkulasi adalah sikap (1) penuh perhatian, (2) penuh pertolongan, (3) tenggang rasa, (4) sopan, (5) peduli. Sikap Penuh perhatian yang diberikan pustakawan dan staf sudah baik, memberikan pelayanan dan solusi terhadap pemustaka, namun perlu ditingkatkan lagi . Persepsi pemustaka terkait dengan sikap penuh pertolongan, pemustaka merasa terbantu dengan pertolongan dan bantuan yang diberikan. Persespsi pemustaka mengenai sikap tenggang rasa yang dimiliki pustakawan sudah baik, terlihat pada saat pemustaka meminta bantuan, tetapi mengeluh pada saat pustakawan tidak mendahulukan kepentingan pemustaka. Persepsi pemustaka terhadap sikap sopan yaitu sudah baik. Persepsi pemustaka terhadap sikap peduli sudah baik dengan memberikan arahan dan respon baik terhadap pemustaka. Kesimpulan dari hasil pembahasan mengenai sikap (1) penuh perhatian, (2) penuh pertolongan, (3) tenggang rasa, (4) sopan, (5) peduli adalah sudah baik.Namun perlu ditingkatkan lagi dengan sikap pustakawan dan staf pada saat memberikan pelayanan kepada pemustaka terkait dengan sikap penuh perhatian, penuh pertolongan, tenggang rasa, sopan dan peduli.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Perpustakaan; Pustakawan; Persepsi Pemustaka; Layanan Sirkulasi
Subjects: 000 Computer science, information, general works > 020 Library and information sciences
000 Computer science, information, general works > 020 Library and information sciences > 023 Personnel administration
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 26 Aug 2023 02:02
Last Modified: 26 Aug 2023 02:02
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20759

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics