Tinjauan hak khiyar dalam jual beli droppshipping di toko online dompet pria official

Rahmah, Aushi Aulia (2022) Tinjauan hak khiyar dalam jual beli droppshipping di toko online dompet pria official. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1802036159_Aushi_Aulia_Rahmah] Text (Skripsi_1802036159_Aushi_Aulia_Rahmah)
1802036159_AUSHI AULIA RAHMAH_LENGKAP TUGAS AKHIR - 06_ Aushi Aulia Rahmah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman beserta teknologi informasi yang canggih, umat manusia menggunakan kemajuan dalam hal tersebut sebagai sarana untuk kegiatan ekonomi seperti jual beli online khusunya sistem dropshipping. Sistem dropshipping yaitu Proses transaksi jual beli online yang prosesnya tidak bertemu secara langsung antara penjual dan pembeli maupun supplier tentunya memiliki resiko seperti penipuan, barang yang tidak sesuai, bahkan barang yang tidak sampai.
Dalam penelitian ini ingin menjawab tentang rumusan masalah bagaimana tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap hak khiyar dalam jual beli sistem dropshipping di Toko Online Dompet Pria Official? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang mana sumber data yang digunakan yaitu data primer berupa hasil lapangan berupa observasi, dokumentasi dan wawancara serta data pendukung yaitu data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif yang melalui metode yang bersifat deskriptif analisis.
Hasil dari penelitian ini ialah ditinjau dari mekanisme Hukum Ekonomi Syariah maka mekanisme transaksi e-commerce pada akad jual beli dropshipping dapat disamakan dengan akad simsarah, akad wakalah dan akad salam. Toko Online Dompet Pria Official telah memenuhi syarat dan rukun khiyar. Syarat khiyar yang terdiri dari, dalam satu lokasi, masanya tiga hari, dan terdapat kerusakan pada barang yang di jual. Lalu Rukun khiyar terdiri dari adanya penjual dan pembeli, adanya barang yang di khiyar kan, adanya akad dalam pembayaran, dan shigat. Kemudian terdapat empat bentuk macam khiyar yang ada di Toko Online Dompet Pria Official berupa khiyar majlis, khiyar syarat, khiyar aib, dan khiyar ru’yah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dropshipping; khiyar; toko online
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law > 343 Military, tax, trade, industrial law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 26 Aug 2023 02:41
Last Modified: 26 Aug 2023 02:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20770

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics