Analisis pengaruh harga, ulasan produk, dan kemudahan penggunaan terhadap keputusan pembelian pada marketplace Shopee : Studi kasus pengguna Shopee pada Mahasiswa UIN Walisongo Semarang angkatan 2019-2021

Setiyowati, Nanik (2022) Analisis pengaruh harga, ulasan produk, dan kemudahan penggunaan terhadap keputusan pembelian pada marketplace Shopee : Studi kasus pengguna Shopee pada Mahasiswa UIN Walisongo Semarang angkatan 2019-2021. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1905056040_Nanik Setiyowati] Text (Skripsi_1905056040_Nanik Setiyowati)
Skripsi_1905056040_Nanik Setiyowati.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Seiring berkembangnya zaman dan teknologi, manusia dimudahkan oleh adanya internet. Dampak positif dari kemudahan akses internet tersebut menjadi salah satu penyebab dari percepatan dunia usaha, salah satunya marketplace shopee. marketplace shopee merupakan platform belanja online yang saat ini banyak diminati oleh kalangan mahasiswa, tetapi pada marketplace shopee terjadi ketidaksatabilan pengunjung pada Q1 2019-Q1 2022 yang disebabkan oleh persaingan antar marketplace. Ketidakstabilan pengunjung tersebut biasanya karena ada beberapa pertimbangan dari konsumen, diantaranya faktor harga, ulasan produk dan kemudahan penggunaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah harga, ulasan produk dan kemudahan penggunaan berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada marketplace shopee.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa UIN Walisongo Semarang Angkatan 2019-2021. Metode pengumpulan datanya menggunakan teknik purposive sampling menggunakan kuisioner dengan sampel 100 orang responden pengguna marketplace shopee pada Mahasiswa aktif UIN Walisongo Semarang Angkatan 2019-2021. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dengan program SPSS.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikansi 0.02<0,05 dan nilai T tabel 3.212> T hitung 1.984, ulasan produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikansi 0,04<0,05dan T tabel 2.080> T hitung 1.984 dan kemudahan penggunaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikansi 0,007<0,05 dan T hitung 2.758> T tabel 1.984 serta secara simultan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada marketplace shopee dengan nilai siginikan 0,00<0,05 dan nilai F hitung 20.824> F tabel 2.698.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Harga; Ulasan Produk; Kemudahan Penggunaan; Keputusan Pembelian
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.5 Production management (Manajemen produksi)
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61201 - Manajemen
Depositing User: Ahlis Ahwan
Date Deposited: 10 Oct 2023 08:52
Last Modified: 10 Oct 2023 08:52
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20772

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics