Pengaruh pajak, profitabilitas, aset perusahaan dan kepemilikan asing terhadap transfer pricing : studi kasus pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2017 – 2021

Fatahila, Alfiyan (2023) Pengaruh pajak, profitabilitas, aset perusahaan dan kepemilikan asing terhadap transfer pricing : studi kasus pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2017 – 2021. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1805046078_Alfiyan Fatahila_Lengkap] Text (Skripsi_1805046078_Alfiyan Fatahila_Lengkap)
Skripsi_1805046078_Alfiyan Fatahila_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Praktik transfer pricing mayoritas dilakukan oleh perusahaan multinasional yang menginginkan laba tinggi melalui penghindaran pajak. Transfer pricing bagi otoritas pajak dianggap sebagai upaya penghindaran pajak apabila penentuan harga dalam transaksi antar perusahaan yang berelasi atau antar perusahaan yang memiliki hubungan istimewa dilakukan tidak sesuai dengan ketentuan perpajakan. Hal tersebut telah menyebabkan kerugian yang besar bagi negara berkembang termasuk Indonesia, karena pajak merupakan sumber utama APBN bagi negara Indonesia, namun karena belum tersedianya peraturan yang baku maka pemeriksaan transfer pricing sering kali dimenangkan oleh wajib pajak dalam pengadilan pajak sehingga perusahaan multinasional semakin termotivasi untuk melakukan transfer pricing. Seiring dengan berkembangnya perusahaan multinasional bukan hanya penghindaran beban pajak saja yang menjadikan faktor perusahaan melakukan transfer pricing.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh pajak, profitabilitas, aset perusahaan, dan kepemilikan asing terhadap transfer pricing. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 8 perusahaan. Data yang dipakai merupakan data sekunder, yaitu laporan keuangan perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2017-2021. Proses analisis dan olah data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS 25.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pajak dan profitabilitas tidak berpengaruh terhadap transfer pricing pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2017-2021, sedangkan aset perusahaan dan kepemilikan asing berpengaruh negatif terhadap transfer pricing pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2017-2021.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pajak; Profitabilitas; Aset perusahaan; Kepemilikan asing; Transfer pricing
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 336 Public finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 62202 - Akuntansi Syariah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 26 Aug 2023 04:11
Last Modified: 26 Aug 2023 04:11
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20781

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics