Pengaruh kepemimpinan transformasional dan iklim organisasi terhadap mutu pendidikan madrasah aliyah swasta di Kudus

Wahani, Syukron (2022) Pengaruh kepemimpinan transformasional dan iklim organisasi terhadap mutu pendidikan madrasah aliyah swasta di Kudus. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Tesis_1803038006_Syukron_Wahani] Text (Tesis_1803038006_Syukron_Wahani)
Tesis_1803038006_Syukron_Wahani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (996kB)

Abstract

Perkembangan lembaga madrasah swasta di kabupaten kudus memiliki tantangan tersendiri untuk terus secara mandiri meningkatkan kualitas pendidikan melalui peran kepala madrasah maupun iklim organisasi. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap mutu pendidikan; 2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh iklim organisasi terhadap mutu pendidikan; dan 3) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kepemimpinan transformasional dan iklim organisasi secara bersama-sama terhadap mutu pendidikan.
Pada penelitian ini menggunakan field research dengan metode experimen methode, dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan berasal dari 5 (lima) madrasah aliyyah swasta kudus yang ditetapkan sebagai sampel secara random.
Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh secara signifikan antara kepemimpinan transformasional terhadap mutu pendidikan dengan nilai persamaan regresi Ŷ= 73,9 + 0,122x dan hasil Uji t yang menunjukkan thitung 12,22 > ttabel 1,645 dengan taraf signifikansi 5%, yang berarti signifikan. 2) terdapat pengaruh secara signifikan antara iklim organisasi terhadap mutu pendidikan dengan nilai persamaan regresi Ŷ = 80,11+ 0,042x dan hasil Uji t yang menunjukkan thitung 3,705 > ttabel 1,645 dengan taraf signifikansi 5%, yang berarti signifikan.; dan 3) terdapat pengaruh secara signifikan antara kepemimpinan transformasional dan iklim organisasi secara bersama-sama terhadap mutu pendidikan dengan nilai pada persamaan regresi ganda Ŷ= 72,31 + 0,119 X1 + 0,033 X2,
dan hasil Uji F yang menunjukkan Fhitung 90,574 > Ftabel 3,90 dengan taraf signifikansi 5% yang berarti signifikan.
Dari hasil penelitian ini disarankan pihak madrasah untuk; 1) meningkatkan penerapan kepemimpinan transformasional dengan memberikan sumbangsih pengetahuan dan kemampuan untuk mendorong kemajuan guru secara intruksional; 2) memperbaiki iklim organisasi agar dapat positif dan mendorong peningkatan mutu pendidikan; 3) meningkatkan mutu pendidikan madrasah dengan memperhatikan faktor-faktor lain yang dapat berpengaruh sesuai dengan karakteristik madrasah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Transformasional; Iklim Organisasi; Mutu Pendidikan; Madrasah Aliyah Swasta
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2) > 86131 - Manajemen Pendidikan Islam (S2)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 26 Aug 2023 07:23
Last Modified: 26 Aug 2023 07:23
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20805

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics