Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap conservatoir beslag dalam sengketa akad murābaḥah : analisis putusan Pengadilan Agama Purwokerto Nomor 0531/Pdt.G/2019/PA.Pwt

Kafila, Indy Nur (2023) Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap conservatoir beslag dalam sengketa akad murābaḥah : analisis putusan Pengadilan Agama Purwokerto Nomor 0531/Pdt.G/2019/PA.Pwt. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1902036049_Indy_Nur_Kafila] Text (Skripsi_1902036049_Indy_Nur_Kafila)
INDY NUR KAFILA_1902036049_Full Skripsi - 6049Indy nur kafila.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Pada sengketa ekonomi syariah seringkali terjadi sebuah perkara antara debitur dan kreditur atau nasabah dan bank, dimana salah satu pihak melakukan perbuatan yang merugikan atau melakukan ingkar janji (wanprestasi).
Pada pelaksanaan sita jaminan atas akad murābaḥah penelitian ini terjadi pengalihan pembayaran hutang/angsuran kepada pihak lain sehingga penggugat tidak melakukan sita jaminannya walaupun sudah diperbolehkan penyitaan dan sah secara hukum oleh Pengadilan Agama. Adapun tujuan/kegunaan penelitian ini untuk memberi pengetahuan conservatoir beslag.
Adapun jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan normatif yuridis, pengumpulan data penulis mengambil data dari pustaka. Teknik pengumpulan datanya dengan metode wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, serta tinjauan yuridis yang bersifat logis dan sistematis, yaitu proses analisis yuridis dari hukum yang ada pada putusan Pengadilan Agama Purwokerto Nomor: 0531/Pdt.G/2019/PA.Pwt tahun 2019 tentang sengketa ekonomi syariah.
Dari penelitian ini penulis memperoleh hasil bahwa conservatoir beslag dalam sengketa akad murābaḥah pada putusan Nomor 0531/Pdt.G/2019/PA.Pwt Pwt telah dilaksanakan sesuai dengan hukum acara perdata yang berlaku dan yang dipedomani, setelah putusan ditetapkan dan sah secara hukum objek jaminan tidak dieksekusi oleh pihak pengadilan dan bank, penyitaan tidak dilaksanakan karena digantikan dengan pengalihan pembayaran hutang. Terkait proses penyitaan jaminan di KHES maupun dasar Hukum Islam lainnya tidak dijelaskan secara rinci tentang aturan – aturan penyitaan karena sudah dijelaskan dalam KUHPerdata.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Ekonomi syariah; pengadilan agama; murābaḥah; sita jaminan
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law > 343 Military, tax, trade, industrial law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 28 Aug 2023 01:25
Last Modified: 28 Aug 2023 01:25
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20812

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics