Analisis perlindungan hukum terhadap pengguna fitur tabungan emas pada aplikasi Shopee

Erdelia, Fika Abidah (2023) Analisis perlindungan hukum terhadap pengguna fitur tabungan emas pada aplikasi Shopee. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1902036091_Fika_Abidah_Erdelia] Text (Skripsi_1902036091_Fika_Abidah_Erdelia)
1902036091_Fika Abidah Erdelia_Full Skripsi - Fika Abidah Erdelia.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin canggih, menjadikan berinvestasi emas dapat dilakukan melalui sebuah e-commerce yaitu berupa emas digital. Saat ini, salah satu e-commerce yang menyediakan fitur untuk berinvestasi emas digital ini adalah Shopee. Shopee mengeluarkan fitur baru yaitu Tabungan Emas untuk para pengguna yang berkeinginan melakukan investasi emas digital. Transaksi investasi emas digital dengan objek yang berbentuk sebuah saldo yang dilakukan melalui media elektronik yang memiliki peluang resiko yang cukup besar. Oleh karenanya, Shopee berkewajiban memberikan kepastian serta perlindungan hukum kepada penggunanya. Hal ini sesuai dengan peraturan-peraturan yang mengatur mengenai transaksi emas digital. Begitu pula dalam islam, mewajibkan para pihak yang berbisnis untuk melindungi satu sama lain dalam bertransaksi.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana perlindungan hukum yang diberikan Shopee kepada pengguna fitur Tabungan Emas dan bagaimana tinjauan hukum islam terhadap perlindungan yang diberikan Shopee kepada pengguna fitur Tabungan Emas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian hukum normatif yang mana metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan library research.
Berdasarkan analisa data yang didapatkan, bahwa Shopee telah memberikan bentuk perlindungan hukum baik berupa perlindungan hukum preventif maupun perlindungan hukum represif. Bentuk dari perlindungan hukum preventif dapat disimpulkan dari adanya syarat dan ketentuan yang dikeluarkan Shopee untuk memenuhi kewajiban sebagai pelaku usaha serta hak pengguna sebagai konsumen secara hukum. Sedangkan bentuk dari perlindungan hukum represif, pengguna dapat melakukan musyawarah dengan Customer Service pada laman aplikasi Shopee. Sedangkan, untuk tindakan hukum yang apabila harus dilakukan dalam hal ini Shopee belum memberikan ketentuan lebih lanjut.
Perlindungan yang diberikan Shopee kepada pengguna fitur Tabungan Emas jika ditinjau dari fiqih muamalah dan KHES telah memenuhi syarat dalam melakukan transaksi investasi emas digital melalui e-commerce.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Perlindungan, emas, Shopee
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law > 343 Military, tax, trade, industrial law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 30 Aug 2023 01:33
Last Modified: 30 Aug 2023 01:33
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20852

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics