Peran kepala madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan kompetensi pedagogik pendidik di Madrasah Ibtidaiyah An Nur Penggaron Kidul Pedurungan Kota Semarang
Nugraha, Ali Septa Anggun (2022) Peran kepala madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan kompetensi pedagogik pendidik di Madrasah Ibtidaiyah An Nur Penggaron Kidul Pedurungan Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
1803036062_Ali Septa Anggun Nugraha_Skripsi Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Supervisi adalah proses bimbingan dalam pendidikan yang bertujuan membantu pengembangan profesional guru dalam pengenalan mengajar melalui observasi dan analisis data secara obyektif, teliti sebagai dasar untuk usaha merubah perilaku mengajar guru. 1. Bagaimana Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi supervisi dalam peningkatan kompetensi pedagogik guru di Madrasah Ibtidaiyah An Nur? 2. Apa saja faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan peningkatan kompetensi pedagogik guru di Madrasah Ibtidaiyah An Nur ? Pada penelitian ini, Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data yaitu : wawacara, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data atau pengecekan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa : Peran Kepala Madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di MI An Nur Semarang selama ini sudah cukup berjalan dengan baik, hal tersebut diantaranya : a) Melakukan Supervisi b) Melakukan Evaluasi c) Mengadakan rapat d) Menyelenggarakan Workshop KKG (Kelompok Kerja Guru) e) Mengadakan Pelatihan IKM (Implementasi Kurikulum Merdeka). Faktor Pendukung dan Penghambat Kepala Madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di MI An Nur Semarang sudah cukup bagus diantaranya: Adanya Dukungan Kepala Madrasah, Beragamnya Media Pembelajaran, Pemanfaatan Media Pembelajaran, Memanfaatkan Teknologi Informasi dan Kominukasi untuk Kepentingan Pembelajaran, Adanya Motivasi Guru, Faktor Sarana dan Prasarana, Memfasilitasi Pengembangan Potensi Peserta Didik untuk Mengaktualisasikan Berbagai Potensi yang Dimiliki, Semangat dan Antusias Peserta Didik, Faktor Pembiayaan Pendidikan, Berkomunikasi Secara Efektif, Empatik, dan Santun dengan Peserta Didik
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepemimpinan Kepala Sekolah; Sekolah Menengah; Kompetensi Guru |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam) |
Depositing User: | Umar Falahul Alam |
Date Deposited: | 30 Aug 2023 07:05 |
Last Modified: | 30 Aug 2023 07:05 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20859 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year