Strategi hubungan masyarakat dalam menciptakan school branding di MTS Plus Nururrohmah pondok pesantren “Al-Kamal” Kuwarasan Kebumen
Muntafiah, Fitriyatul (2022) Strategi hubungan masyarakat dalam menciptakan school branding di MTS Plus Nururrohmah pondok pesantren “Al-Kamal” Kuwarasan Kebumen. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
1803036077_Fitriyatul Muntafiah_Skripsi Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Peran humas sekolah sebagai marketer jasa pendidikan sangat besar agar dapat berkompetisi dengan pesaing, sehingga perlunya seorang humas dengan berbagai strategi yang memanfaatkan merek karena sedang menjadi fenomena yang berpengaruh terutama dalam bidang pemasaran jasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) bagaimana strategi humas dalam menciptakan school branding di MTs Plus Nururrohmah, dan 2) bagaimana implikasi strategi humas yang diterapkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data yaitu: wawancara, observasi, dokumentasi, dan kuesioner. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif dengan mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Strategi humas MTs Plus Nururrohmah dalam menciptakan school branding dilaksanakan melalui empat strategi yaitu: a) Strategi meneliti dan mendengarkan yaitu kepala sekolah dan humas meneliti dengan menganalisis masalah yang sedang terjadi dilingkungan madrasah, opini yang sedang berkembang tentang madrasah, serta melihat sikap dan perilaku masyarakat terhadap madrasah. Madrasah juga mendengarkan saran dan masukan dari walimurid. b) Strategi perencanaan dan pengambilan keputusan yaitu kepala sekolah beserta humas menfokuskan program kerja humas pada kegiatan promosi dan publikasi, menciptakan branding madrasah dengan slogan “Mandiri Berprestasi”, mengoptimalkan media humas baik secara manual, media cetak, maupun media digital, serta mendokumentasikan kegiatan madrasah. c) Strategi pelaksanaan dan komunikasi yaitu humas melakukan kegiatan promosi dengan mendatangi sasaran, menggunakan media cetak seperti banner dan browsur maupun dengan memanfaatkan media digital. Humas juga melakukan publikasi di website dan akun sosial media seperti Instagram, Facebook, dan Youtube yang berisikan konten promosi, informasi terkait kegiatan madrasah, dan prestasi yang didapatkan madrasah. d) Strategi Evaluasi yaitu humas melakukan evaluasi dengan menilai diri sendiri tentang tugas apa yang telah dikerjakan, belum dikerjakan, dan kendala apa yang dihadapi dengan tetap mendengarkan saran dan masukan dari masyarakat. Implikasi strategi humas yang diterapkan madrasah yaitu: Strategi humas berhasil memberikan dampak positif kepada madrasah, mendapat dukungan dan loyalitas dari walimurid, semakin dikenal masyarakat salah satunya karena adanya pondok pesantren, serta kualitas fisik dan pelayanan yang baik yang dirasakan walimurid dan masyarakat. Saran terhadap humas MTs Plus Nururrohmah ialah perlunya menyusun langkah perencanaan yang tertulis dalam upaya menciptakan school branding yang sistematis mengingat antar program humas lembaga pendidikan dalam menarik calon siswa semakin kompetitif dan terus berupaya untuk tetap menjaga dan memperkuat kepercayaan masyarakat dan citra positif yang telah dibangun.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sosialisasi Sekolah; Strategi Branding; Pondok Pesantren |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam) |
Depositing User: | Umar Falahul Alam |
Date Deposited: | 30 Aug 2023 07:47 |
Last Modified: | 30 Aug 2023 07:47 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20861 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year