Manajemen implementasi kurikulum merdeka dalam proses pembelajaran di SMAN 3 Semarang

As-syafi’i, Ahmad Hisyam (2022) Manajemen implementasi kurikulum merdeka dalam proses pembelajaran di SMAN 3 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1803036087_ Ahmad Hisyam As-syafi'i_  Skripsi lengkap.pdf] Text
1803036087_ Ahmad Hisyam As-syafi'i_ Skripsi lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Manajemen kurikulum merupakan hal yang penting dalam implementasi kurikulum supaya pencapaian kualitas lulusan di satuan pendidikan dapat tercapai. Dalam penelitian ini berfokus pada permasalahan : 1) Bagaimana implementasi kurikulum merdeka dalam proses pembelajaran di SMAN 3 Semarang? 2) Bagaimana manajemen implementasi kurikulum merdeka di SMAN 3 Semarang? Pada penelitian ini, Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data yaitu : wawacara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data atau pengecekan data menggunakan ketekunan pengamatan, triangulasi teknik dan sumber, serta pengecekan teman sejawat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Implementasi kurikulum merdeka dalam proses pembelajaran di SMAN 3 Semarang dilakukan dengan menggunakan prinsip diferensiasi dengan memperhatikan bakat, minat dan potensi peserta didik serta didukung dengan penyediaan fasilitas sarana prasarana oleh sekolah dalam menunjang perkembangan peserta didik. 2) Manajemen implementasi kurikulum merdeka di SMAN 3 Semarang dilakukan dengan sistematis dengan memaksimalkan tugas tim komite pembelajaran dan tim pengembang modul dalam mengelola kurikukulum.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Sekolah; Kurikulum Merdeka; Metode Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 01 Sep 2023 06:34
Last Modified: 01 Sep 2023 06:34
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20899

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics