Pengaruh kompetensi, akuntabilitas, dan spiritualitas dalam pengelolaan dana desa : studi kasus di Kecamatan Karangtengah Kabupaten Demak

Munawaroh, Ulfahtul (2023) Pengaruh kompetensi, akuntabilitas, dan spiritualitas dalam pengelolaan dana desa : studi kasus di Kecamatan Karangtengah Kabupaten Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1805046120_Ulfahtul Munawaroh_Lengkap] Text (Skripsi_1805046120_Ulfahtul Munawaroh_Lengkap)
1805046120_Ulfahtul Munawaroh_Lengkap - Ulfahtul Munawaroh.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kompetensi, akuntabilitas dan spiritualitas mempengaruhi pengelolaan dana desa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang dilakukan terhadap 40 responden atau pihak pengelola dana desa di Kecamatan Karangtengah. Responden tersebut meliputi kepala desa, bendahara desa, sekretaris desa, dan kasi pelayanan pada desa. Melalui penyebaran kuesioner, data primer dikumpulkan, diolah, dan dianalisis dengan menggunakan regresi linier berganda. Teknik non-probability sampling digunakan dalam pengambilan sampel, dimana tidak semua anggota populasi diberi kesempatan yang sama untuk dipilih menjadi anggota sampel.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kompetensi tidak berpengaruh positif atau signifikan terhadap pengelolaan dana desa. Variabel akuntabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengelolaan dana desa. Selain itu, variabel spiritualitas tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap pengelolaan dana desa. Ada beberapa keterbatasan dalam penelitian ini, termasuk R square hanya 38,6%. Penelitian ini hanya menggunakan tiga variabel independen dan satu variabel dependen, dan objek yang digunakan terbatas pada satu kecamatan di Kabupaten Demak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kompetensi; Akuntabilitas; Spiritualitas; Pengelolaan dana desa
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 331 Labor economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 62202 - Akuntansi Syariah
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 02 Sep 2023 03:33
Last Modified: 02 Sep 2023 03:33
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20929

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics