Manajemen kurikulum pendidikan diniyah formal dalam meningkatkan prestasi belajar santri di pondok pesantren Walindo Siti Zaenab Manba`ul Falah Kiai Parak Bambu Runcing IV Pekalongan

Fahrudin, Edy (2023) Manajemen kurikulum pendidikan diniyah formal dalam meningkatkan prestasi belajar santri di pondok pesantren Walindo Siti Zaenab Manba`ul Falah Kiai Parak Bambu Runcing IV Pekalongan. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1803038001_Edy Fahrudin_Skripsi Lengkap.pdf] Text
1803038001_Edy Fahrudin_Skripsi Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)
[thumbnail of 1803038001_Edy Fahrudin_Tesis Lengkap.pdf] Text
1803038001_Edy Fahrudin_Tesis Lengkap.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan Diniyah Formal sebagai lembaga formal di dalam pesantren telah mengembangkan kurikulumnya dengan memadukan antara ilmu pengetahuan agama dan ilmu pengetahuan umum. Selain itu kurikulum PDF dirancang dengan menyesuaikan pendidikan formal dalam hal jenjang pendidikan, yaitu dimulai dari jenjang pendidikan dasar yang disebut PDF Ula. Pendidikan menengah pertama yang disebut dengan PDF Wustha. Pendidikan menengah atas yang disebut PDF Ulya hingga pendidikan tinggi yang ditempuh pada Ma’had Aly untuk program sarjana. Studi ini dimaksukan untuk menjawab pertanyaan : (1) Bagaimana Implementasi Manajemen Kurikulum PDF dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Santri di Pondok Pesantren Walindo (2) Bagaimana Implikasi Kurikulum PDF terhadap Prestasi Belajar Santri di Pondok Pesantren Walindo. Permasalahan itu dibahas melalui studi lapangan. Teknik pengambilan data yaitu melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Semua data dianalisis dengan pendekatan studi kasus. Kajian ini menunjukan bahwa :(1)implementasi kurikulum PDF di pesantren Walindo sudah sesuai dengan aturan dasar PDF yang telah ditetapkan oleh pemerintah mulai dari tujuan, materi dan alokasi waktu (2) Implikasi Kurikulum Pendidikan Diniyah Formal terhadap Prestasi Belajar di Pesantren Walindo secara langsung sangat berkaitan karena kurikulum merupakan salah satu faktor dalam peningkatan prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum; Pondok Pesantren; Prestasi Akademik
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2) > 86131 - Manajemen Pendidikan Islam (S2)
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 02 Sep 2023 03:32
Last Modified: 02 Sep 2023 03:32
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20930

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics