Tinjauan hukum islam terhadap jual beli kotak kado berhadiah di Desa Karanggondang Kecamatan Kandangserang Kabupaten Pekalongan

Ardianingrum, Anis Ahilma (2023) Tinjauan hukum islam terhadap jual beli kotak kado berhadiah di Desa Karanggondang Kecamatan Kandangserang Kabupaten Pekalongan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1902036170_Anis_Ahilma_Ardianingrum] Text (Skripsi_1902036170_Anis_Ahilma_Ardianingrum)
1902036170_ANIS AHILMA A_FULL SKRIPSI - 170Anis Ahilma.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Jual beli merupakan pokok dalam bidang ekonomi yang mengatur dan menyelesaikan masalah ekonomi seperti adanya produksi dan konsumsi. Di Desa Karanggondang Kecamatan Kandangserang Kabupaten Pekalongan terdapat transaksi jual beli kotak kado berhadiah yang didalamnya berisi barang random, harga yang ditawarkan cukup terjangkau mulai dari Rp.500- Rp.2000. Dalam penjualan tersebut akan ada untung dan rugi kepada calon pembeli dikarenakan jenis barang dalam kotak kado tersebut belum diketahui secara jelas.
Berdasarkan latar belakang masalah diatas dapat dirumuskan masalah yaitu pertama, Bagaimana Praktik jual beli kotak kado berhadiah di Desa Karanggondang Kecamatan Kandangserang Kabupaten Pekalongan. Kedua, Bagaimana Tinjauan Hukum Islam terhadap praktik jual beli kotak kado berhadiah di Desa Karanggondang Kecamatan Kandangserang Kabupaten Pekalongan berdasarkan tinjauan hukum Islam.
Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini yaitu penelitian normatif empiris atau penelitian lapangan (field research). Dengan metode pendekatan yuridis-empiris. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Terkait dengan analisis data penulis menggunakan deskriptif kualitatif yaitu analisis yang berupaya bagaimana penerapan hukum pada sebuah realita.
Temuan dari penelitian ini yaitu. Pertama, Praktik jual beli kotak kado berhadiah di Desa Karanggondang merupakan bentuk jual beli kado yang di dalamnya berisi barang random sehingga pembeli tidak mengetahui secara jelas isi yang ada di dalamnya. Kedua, meskipun praktik jual beli kotak kado berhadiah diperbolehkan namun pada dasarnya praktik jual beli ini tidak diperbolehkan secara hukum islam karena mengandung unsur maysir yang merupakan jual beli untung-untungan, dimana akan terdapat pihak yang diuntungkan maupun di rugikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kotak kado; jual beli; gharar; maysir,
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law > 343 Military, tax, trade, industrial law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 02 Sep 2023 03:44
Last Modified: 02 Sep 2023 03:44
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20934

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics