Implementasi manajemen kurikulum pondok pesantren di madrasah diniyah Hidayatul Mubtadiin Kaliwungu Kendal dan madrasah diniyah Roudlotul Ulum Kaliangkrik Magelang

Fajrin, Moch Alfi (2022) Implementasi manajemen kurikulum pondok pesantren di madrasah diniyah Hidayatul Mubtadiin Kaliwungu Kendal dan madrasah diniyah Roudlotul Ulum Kaliangkrik Magelang. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1803038009_MOCH ALFI FAJRIN_Tesis Lengkap.pdf] Text
1803038009_MOCH ALFI FAJRIN_Tesis Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan menjawab permasalahan bagaimana perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi manajemen kurikulum Pondok Pesantren di Madrasah Diniyah Hidayatul Mubtadiin Kaliwungu Kendal dan Madrasah Diniyah Roudlotul Ulum Kaliangkrik Magelang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi manajemen kurikulum Pondok Pesantren di Madrasah Diniyah Hidayatul Mubtadiin dan Madrasah Diniyah Roudlotul Ulum serta faktor-faktor pendukung dan penghambatnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dokumentasi dan observasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi data. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Kajian ini menunjukkan bahwa: 1. Perencanaan kurikulum dapat dimaksimalkan, sebagaimana tujuan pembelajaran yang seharusnya diterapkan melalui proses belajar-mengajar yang hanya sebentar, dan tujuan tersebut memang sudah tepat dan efektif, serta output yang dihasilkan bisa terlihat. 2. Pengorganisasian kurikulum, kerangka umum program-program pengajaran yang akan disampaikan kepada peserta didik juga tertata. Karena struktur program ini merupakan dasar yang cukup esensial dalam pembinaan kurikulum dan berkaitan erat dengan tujuan program pendidikan yang hendak dicapai. 3. Pelaksanaan kurikulum juga disiapkan dengan baik, hal ini dapat dilihat dari penempatan pengembangan kreativitas siswa lebih dari penguasaan materi. Pelaksanaan kurikulum sendiri juga direalisasikan dalam proses belajar mengajar sesuai dengan prinsip-prinsip dan tuntutan kurikulum yang telah dikembangkan, pelaksanaan kurikulum senantiasa bergandengan dan bersama-sama bertanggungjawab melaksanakan proses administrasi kurikulum. 4. Evaluasi manajemen kurikulum telah di maksimalkan, dengan mengandalkan kegiatan yang sejak awal terapkan serta mengetahui bagaimana kondisi kurikulum tersebut dalam rancangan, pelaksanaan serta hasilnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum; Metode Belajar; Pondok Pesantren
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education > 373.2 Sekolah lanjutan (SMP, SMA)
300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2) > 86131 - Manajemen Pendidikan Islam (S2)
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 02 Sep 2023 03:52
Last Modified: 02 Sep 2023 03:52
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20936

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics