Ruqyah sebagai terapi bimbingan konseling Islami dalam mengatasi kecanduan gadget pada remaja di Jam`iyyah Ruqyah Aswaja (JRA) Trangkil-Pati

Saikhon, Arwan (2022) Ruqyah sebagai terapi bimbingan konseling Islami dalam mengatasi kecanduan gadget pada remaja di Jam`iyyah Ruqyah Aswaja (JRA) Trangkil-Pati. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of SKRIPSI_1801016145_Arwan_Saikhon] Text (SKRIPSI_1801016145_Arwan_Saikhon)
1801016145_Arwan_Saikhon_Full_Skripsi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Nama : Arwan Saikhon
Judul : Ruqyah Sebagai Terapi Bimbingan Konseling Islami dalam Mengatasi Kecanduan Gadget pada Remaja di Jam`iyyah Ruqyah Aswaja (JRA) Trangkil-Pati
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah; 1) mengetahui pelaksanaan ruqyah sebagai terapi bimbingan dan konseling Islami, 2), untuk mengetahui penerapan ruqyah Jam`iyyah Ruqyah Aswaja (JRA) Trangkil-Pati dalam menghadapi kecanduan gadget pada remaja.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif studi kasus (case study) karena peneliti ingin mendeskripsikan keadaan yang diamati di lapangan. Sumber data primer dari wawancara dengan Ketua Jam`iyyah Ruqyah Aswaja (JRA) Trangkil-Pati bidang Ruqyah dan Bekam, Praktisi ruqah Jam`iyyah Ruqyah Aswaja (JRA) Trangkil-Pati, pasien ruqyah yang berusia remaja, serta observasi penulis. Data sekunder didapat dari data serta dokumentasi dari pihak Jam`iyyah Ruqyah Aswaja Trangkil-Pati. Adapun analisis data menggunakan triangulasi sumber dengan mengecek data yang didapatkan dari beberapa sumber dan triangulasi teknik dengan memverifikasi data dari sumber sama namun teknik yang berbeda.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan ruqyah sebagai terapi bimbingan konseling Islami terdiri dari tiga tahapan meliputi (1). Tahap persiapan (2). Tahap pelaksanaan, dan (3). Tahap penguatan sebagai penerapan ruqyah Jam`iyyah Ruqyah Aswaja (JRA) Trangkil-Pati dalam menghadapi kecanduan gadget pada remaja. Efek yang dirasakan pasien setelah dilakukan totok ruqyah ini adalah mengalami reaksi badan terasa panas, dan gemetar, namun juga ada yang tidak merasakan reaksi apapun apapun, selain itu jugaberdampak pada perasaan gumoh yakni merasa mual dan muntah ketika pasien berhadapan atau menggunakan gadget, sehingga lambat laun pasien menjadi enggan dalam memainkan gadget secara intens.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Terapi Ruqyah; Kecanduan Gadget; Bimbingan Konseling Islami
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine
600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 615 Pharmacology and theraputics
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 04 Sep 2023 10:32
Last Modified: 04 Sep 2023 10:32
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20945

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics