Bimbingan kelompok dalam mencegah perilaku konformitas teman sebaya pada remaja di Panti Asuhan al Hikmah Kota Semarang

Mu’amaroh, Siti Sofiyatul (2022) Bimbingan kelompok dalam mencegah perilaku konformitas teman sebaya pada remaja di Panti Asuhan al Hikmah Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of SKRIPSI_1801016147_Siti_Sofiyatul_Mu’amaroh] Text (SKRIPSI_1801016147_Siti_Sofiyatul_Mu’amaroh)
1801016147_sitisofiyatul_Full_skripsi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “(Bimbingan Kelompok Dalam Mengatasi Perilaku Konformitas Teman Sebaya Pada Remaja Di Panti Asuhan Al-Hikmah Semarang)”. Ditulis oleh Siti Sofiatul Mu’amaroh, NIM 180101614, Prodi Bimbingan Penyuluhan Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang. Dilihat dari fenomena permasalahan dalam panti asuhan anak-anak yang sulit diatur disebabkan oleh pergaulan dan anak asuh yang kurang perhatian dan didikan sebelum masuk ke panti asuhan Al-Hikmah. Kegiatan bimbingan kelompok untuk mengatasi masalah anak-anak dalam hal konformitas. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui proses pelaksanaan bimbingan kelompok dalam mengatasi konformitas teman sebaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, dengan pendekatan studi kasus. Sumber dan jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini yaitu: 1) Bimbingan kelompok merupakan impelemtentasi dari tugas dan fungsi untuk mengatasi atau memecah masalah. 2) Bimbingan kelompok dapat mengatasi konformitas teman sebaya, terutama dilihat dari unsur bimbingan kelompok konformitas teman sebaya yaitu materi mengenai perilaku yang baik dan metode (ceramah dan diskusi kelompok). Materi dan metode bimbingan kelompok tersebut mampu mengatasi konformitas pada teman sebaya dilihat dari aspek a) ketertarikan kepada kelompok lain dilihat dari anak-anak yang mampu memilah mana hal yang baik untuk ditiru dan meninggal yang tidak buruk, b) mudah untuk percaya keputusan kelompok dari pada dirinya sendiri, dikarenakan sifat tidak percaya diri di individu dilihat dari kemampuan anak panti asuhan yang mampu percaya diri pada pilihannya sendiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok; Perilaku Konformitas Teman Sebaya; Usia Remaja; Panti Asuhan
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology
100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 158 Applied psychology
200 Religion (Class here Comparative religion)
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 04 Sep 2023 10:28
Last Modified: 04 Sep 2023 10:28
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20946

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics