Pengaruh konsep diri dan regulasi emosi terhadap academic burnout pada mahasiswa tingkat akhir yang mengerjakan skripsi
Romadhoni, Tri Dewi (2022) Pengaruh konsep diri dan regulasi emosi terhadap academic burnout pada mahasiswa tingkat akhir yang mengerjakan skripsi. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1807016024_Tri_Dewi_Romadhoni.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Academic burnout merupakan kondisi dimana seseorang merasakan lelah pada fisik serta mental dalam bidang studinya, sehingga pelajar tidak peduli. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh konsep diri dan regulasi emosi terhadap academic burnout pada mahasiswa tingkat akhir yang mengerjakan skripsi. Sampel dalam penelitian ini adalah 254 mahasiswa/i Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah tiga skala yaitu skala konsep diri, skala regulasi emosi, dan skala academic burnout. Metode analisis data menggunakan uji asumsi klasik dan uji hipotesis yang terdiri dari uji regresi sederhana dan uji regresi linier berganda. Hasil uji regresi sederhana menunjukkan adanya pengaruh konsep diri terhadap academic burnout pada mahasiswa tingkat akhir yang mengerjakan skripsi dengan nilai signifikansi 0,000 dan sumbangan efektif 14,0%. Hasil uji regresi sederhana juga menunjukkan adanya pengaruh regulasi emosi terhadap academic burnout pada mahasiswa tingkat akhir yang mengerjakan skripsi dengan nilai signifikansi 13,8%. Hasil uji regresi berganda pada penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh antara konsep diri dan regulasi emosi terhadap academic burnout pada mahasiswa tingkat akhir yang mengerjakan skripsi dengan nilai signifikansi 0,000 dan sumbangan efektif sebesar 18,4%. Oleh sebab itu dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian ini diterima.
ABSTRACT:
Academic burnout is a condition where a person feels physically and mentally tired in their field of study, so students don't care. This study aims to empirically examine the effect of self-concept and emotional regulation on academic burnout in final year students working on theses. The sample in this study were 254 students of the State Islamic University of Walisongo Semarang. The method used in this research is quantitative. The measuring instruments used in this study are three scales, namely the self-concept scale, the emotional regulation scale, and the academic burnout scale. The data analysis method used classical assumption test and hypothesis test which consisted of simple regression test and multiple linear regression test. The results of a simple regression test show that there is an influence of self-concept on academic burnout in final year students who are working on thesis with a significance value of 0.000 and an effective contribution of 14.0%. The results of the simple regression test also show the influence of emotional regulation on academic burnout in final year students working on thesis with a significance value of 13.8%. The results of the multiple regression test in this study indicate that there is an influence between self-concept and emotional regulation on academic burnout in final year students working on theses with a significance value of 0.000 and an effective contribution of 18.4%. Therefore, it can be concluded that the research hypothesis is accepted.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konsep Diri; Regulasi Emosi; Academic Burnout; Mahasiswa tingkat akhir |
Subjects: | 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 153 Conscious mental processes and intelligence |
Divisions: | Fakultas Psikologi dan Kesehatan > 73201 - Psikologi |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 05 Sep 2023 10:07 |
Last Modified: | 05 Sep 2023 10:07 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20989 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year