Peran guru pendidikan agama islam dalam mengembangkan budaya sekolah peduli lingkungan di SMA Negeri 14 Semarang (Sekolah Adiwiyata Nasional)

Sarah, Ayu Nurul (2020) Peran guru pendidikan agama islam dalam mengembangkan budaya sekolah peduli lingkungan di SMA Negeri 14 Semarang (Sekolah Adiwiyata Nasional). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1503016047_AYU_NURUL_SARAH] Text (SKRIPSI_1503016047_AYU_NURUL_SARAH)
1503016047_AYU NURUL SARAH_FULLSKRIPSI - Ayu Nurul Sarah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang peran guru Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan budaya sekolah peduli lingkungan yang lingkupnya berada di sekolah umum/SMA Negeri. Adanya fenomena yang terjadi terkait kerusakan lingkungan, agama islam sangat memperhatikan lingkungan melalui pendidikan perlu adanya pengintegrasian antara pendidikan lingkungan hidup dan PAI, sehingga membuat peneliti tertarik untuk melakukan penelitian.
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis peran guru Pendidikan Agama Islam dalam partsipasi mengembangkan budaya sekolah peduli lingkungan melalui penanaman pandangan, moral, perilaku peduli lingkungan berdasarkan ajaran agama Islam.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen. Penelitian ini dilakukan untuk mengungkap, menganalisis dan menjelaskan peran guru pendidikan Agama Islam lingkungan dalam ikut serta mengembangkan budaya peduli lingkungan di SMAN 14 Kota Semarang.Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Peran guru pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan budaya peduli lingkungan yang ada di SMAN 14 Kota Semarang adalah pertama, peran guru pendidikan Agama Islam sebagai educator atau pendidik yang berkaitan dengan membimbing, membina budi pekerti atau akhlak dan memberi arahan kepada peserta didik untuk menjaga melestarikan lingkungan hidup. Kedua, peran guru pendidikan Agama Islam sebagai motivator yakni, guru memberikan dorongan atau motivasi untuk selalu memperhatikan lingkungan sekitar.
Ketiga, peran guru pendidikan Agama Islam sebagai evaluator dalam mengevaluasi dengan memperhatikan peserta didik dalam hal kebersihan dan kerapian, sehingga peserta didik lebih memperhatikan kebersihan dan kerapian untuk diri dan lingkungan sekitarnya

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Peran; Guru PAI; Budaya Sekolah Peduli Lingkungan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 07 Sep 2023 09:27
Last Modified: 07 Sep 2023 09:27
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20995

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics