Pengaruh self efficacy dan self esteem terhadap penyesuaian diri pada mahasiswa angkatan 2021 UIN Walisongo Semarang
Haliza, Indah Nur (2022) Pengaruh self efficacy dan self esteem terhadap penyesuaian diri pada mahasiswa angkatan 2021 UIN Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1807016032_Indah_Nur_Haliza.pdf - Accepted Version
Download (1MB)
Abstract
Penyesuaian diri merupakan salah satu faktor dalam membangun komunikasi, pembelajaran, dan interaksi yang efektif. Di Indonesia, menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa kesulitan dalam menyesuaikan diri dan menjadikan mahasiswa rentan mengalami perasaan tertekan, penerimaan diri, dan tidak percaya diri. Oleh karena itu, tingkat penyesuaian diri pada mahasiswa perlu diteliti lebih lanjut, dengan self efficacy dan self esteem sebagai prediktornya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh self efficacy dan self esteem terhadap penyesuaian diri mahasiswa. Subjek dalam penelitian ini yaitu 367 mahasiswa angkatan 2021 UIN Walisongo Semarang yang dipilih dengan teknik accidental sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan skala penyesuaian diri, skala self efficacy, dan skala self esteem. Teknik analisis data yang digunakan yaitu regresi linear berganda dan hasil sumbangannya 37,6%. Sejalan dengan temuan tersebut, self efficacy dan self esteem berpengaruh terhadap penyesuaian diri dengan memberikan sumbangan 37,6%, artinya semakin tinggi self efficacy dan self esteem maka semakin tinggi tingkat kemampuan penyesuaian diri pada mahasiswa.
ABSTRACT:
Self-adjustment is one of the factors in building effective communication, learning, and interaction. In Indonesia, it shows that most students have difficulty adjusting and make students vulnerable to feeling depressed, self-accepting, and not confident. Therefore, the level of adjustment in students needs to be investigated further, with self efficacy and self esteem as predictors. This study aims to examine the effect of self efficacy and self esteem on student self-adjustment. The subjects of this study were 367 students of the 2021 Walisongo State Islamic University of Semarang, who were selected using the accidental sampling technique. The data collection instrument used a self-adjustment scale, self efficacy, and self esteem scale. The data analysis technique used is multiple linear regression and the contribution 37,6%. In line with these findings, self efficacy and self esteem affect self-adjustment by contributing 37,6%, meaning that the higher the self efficacy and self esteem, the higher the level of self-adjustment in students.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efikasi diri; Harga diri; Self esteem; Penyesuaian diri; Mahasiswa |
Subjects: | 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions, drives |
Divisions: | Fakultas Psikologi dan Kesehatan > 73201 - Psikologi |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 09 Sep 2023 03:36 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:36 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20999 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year